Pengembangan Lembar Kerja Praktikum (Labsheet) Gambar Teknik Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 1 Purworejo

Hanifah Nurul Pikanthi, Sativa Sativa

Abstract


Pembelajaran metode jarak jauh melalui platform google classroom saat ini banyak diterapkan di sekolah. Pembelajaran jarak jauh sangat membutuhkan sumber belajar yang dimiliki siswa. Saat ini sumber belajar siswa masih kurang, khususnya dalam mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. Akibatnya siswa kesulitan dalam memahami kegiatan pembelajaran. Diperlukan adanya proses pengembangan yang mampu menghasilkan lembar kerja praktikum Gambar Teknik yang baik dan layak untuk Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Purworejo. Metode yang digunakan adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Hannafin & Peck, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) Fase pertama (analisis kebutuhan) dilakukan dengan menganalisis kebutuhan awal media pembelajaran dengan menyesuaikan kemampuan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembuatan media dan merumuskan peralatan serta kebutuhan pengembangan media; (2) Fase kedua perancangan dilakukan untuk merancang produk yang akan dikembangkan; (3) Fase ketiga (pengembangan/implementasi) dilakukan penilaian oleh ahli materi, ahli media serta guru mata pelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil kelayakan media dari penilaian ahli materi dengan skor 3,45 dan termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media 3,50 dengan skor dan termasuk dalam kategori sangat layak dan guru mata pelajaran 3,80 dengan skor dan termasuk dalam kategori sangat layak.

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Fatkhurrokhman, M., Permata, E., Ekawati, R., & Rizal, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Digital Berbasis Project-Based Learning Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 101-109.

Fitriyani, R., & Purwantoro, D. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Hidrolika untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 187-196.

Marva, F., & Rochmadi, S. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Geomatika II Untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 140-152.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34. (2018). Standar Nasional Pendidikan SMK-MAK. Jakarta

Sugiyono, (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.