Pengembangan Modul Pembelajaran Sketchup 3D pada Mata Pelajaran APLPIG Kelas XII DPIB di SMK Negeri 3 Tebo Jambi

Arfian Luthfiarda, Agus Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran SketchUp 3D sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran APLPIG kelas XII DPIB di SMK Negeri 3 Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan modul pembelajaran yang layak. Model yang digunakan yaitu model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini didukung dengan data hasil observasi dan wawancara di sekolah, serta instrumen berupa lembar penilaian menggunakan skala Likert. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran APLPIG. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan mencari harga reratanya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Proses pengembangan yang meliputi: (a) Tahap Define untuk mendefinisikan kondisi awal, kondisi peserta didik, dan menentukan kompetensi dasar yang mencakup dua kompetensi dasar untuk menentukan tujuan dan merancang materi pembelajaran; (b) Tahap Design dimulai dari penyusunan kriteria tes, penetapan format modul sebagai media dengan materi Google SketchUp, menerapkan Material Editor, dan Membuat Rumah Tinggal Sederhana; (c) Tahap Develop yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran; (d) Tahap Disseminate dengan menyebar luaskan modul melalui link Google Drive. (2) Hasil pengembangan modul yang meliputi penilaian kelayakan modul pembelajaran SketchUp 3D menurut ahli materi didapatkan rata-rata skor 4,40 tergolong kategori sangat layak, menurut ahli media didapatkan rata-rata skor 4,32 tergolong kategori sangat layak, dan menurut persepsi guru didapatkan rata-rata skor 4,14 tergolong kategori layak.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, SketchUp, APLPIG


References


Carina, A., et al. (2022). Pengembangan video pembelajaran dan buku elektronik dasar-dasar AutoCAD 2021. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4 (1), 30-37.

Putra, Y. A., & Hariyanto, V.L. (2021). Pengembangan modul pembelajaran mekanika teknik untuk SMK kelas X kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3 (1), 54-68.

Solikin, M., Yudianto, A., and Adiyasa, I.W. (2022). The development of learning media of 2-stroke engine manufactured by 3D print for distance learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(1), 121-129.

Suratman, Ki. (1987). Pokok-pokok ketamansiswaan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Syamsudin, R. N., et al. (2022). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah plambing dan sanitasi di prodi pendidikan teknik sipil dan perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4 (1), 83-93.

Umar, H. (2005). Riset SDM dalam organisasi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wu. M, et al. (2018). Creative thinking curriculum infusion for students of teachers’ education program. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.