Pengembangan Job Sheet Praktik Konstruksi Beton di Program Studi S1 PTSP FT UNY

Mohamad Rifqi Ardiyan, V. Lilik Haryanto

Abstract


Tujuan pada penelitian pengembangan ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses pegembangan job sheet Praktik Konstruksi Beton di Program Studi S1 PTSP FT UNY, (2) Mendeskripsikan hasil pegembangan job sheet Praktik Konstruksi Beton di Program Studi S1 PTSP FT UNY. Metode penelitian ini adalah dengan research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D models yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan empat langkah yaitu: (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan dan (4) Penyebaran. Hasil pengembangan: (1) Proses pegembangan dilakukan menggunakan model Four-D Models yang melalui 4 tahap yaitu: a) Tahap pendefinisian untuk mengumpulkan data dan mengidentifikasi faktor-faktor. b) Tahap perencanaan untuk merencanakan produk yang akan dibuat. c) Tahap pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan. d) Tahap penyebaran untuk mempublikasikan dan menggunakan produk. (2) Tahap pendefinisian (define) terdapat 5 job praktik yang di kembangkan yaitu: a) Job sheet penulangan kolom praktis, b) Job sheet penulangan kolom dan footplat, c) Job sheet penulangan balok dan plat lantai, d) Job sheet penulangan tangga putar dan e) Job sheet pengecoran tutup selokan. Pada tahap perencanaan (design) struktur isi yang digunakan antara lain: a) Judul praktik, b) CPL, c) CPMK, d) Sub CPMK, e) Tujuan pembelajaran, f) Materi pengantar, g) Alat & bahan, h) K3L, i) Gambar kerja & langkah kerja, j) Penilaian proses dan hasil, k) Referensi, l) Tugas. Pada tahap pegembangan (develop) hasil kelayakan ahli materi mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan rerata skor sebanyak 4,20 dan hasil kelayakan ahli media mendapatkan kategori “Layak” dengan rerata skor 4,13. Pada tahap penyebaran (disseminate) dilakukan dengan cara mencetak job sheet yang kemudian disebarkan dan digunakan pada mata kuliah Praktik Konstruksi Beton.

Kata kunci: Pengembangan, Job sheet, Praktik konstruksi beton.


References


Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Widarto. (2013). Panduan penyusunan job sheet mapel roduktif pada SMK. Slide Presentasi. UNY.

Wragg, E.C. (2012). Classroom Teaching Skill. Nicholas Publishing Company (Belajar dan Pembelajaran). Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.