Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Autocad Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI TKP SMK Negeri 2 Wonosari pada Mata Pelajaran Software Autocad Pilihan

Kusuma Rohmayanti, Retna Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media modul pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) SMK N 2 Wonosari pada mata pelajaran Software Autocad Pilihan serta untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) SMK N 2 Wonosari sejumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pretest serta posttest yang diberikan kepada subyek berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik uji wilcoxon mengetahui pengaruh penggunaan media modul pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) SMK N 2 Wonosari pada mata pelajaran Software Autocad Pilihan. Pengujian diurungkan menggunakan uji paired sample t-test dikarenakan data yang ada tidak berdistribusi secara normal. Hasil penelitian ini yaitu diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan media modul pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) SMK N 2 Wonosari pada mata pelajaran Software Autocad Pilihan dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan angka 0,00 (0,00<0,05) serta dilihat dari hasil nilai rata-rata peserta didik pada pretest menunjukkan angka 58,01 sedangkan pada posttest menunjukkan angka 87,96.

Kata kunci: Software AutoCAD Pilihan, Pre-experimental, Uji Wilcoxon, Modul, Hasil Belajar


References


Abubakar, Rifa'i. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Afandi, Riyan. (2016). Hubungan Kemampuan Kognitif dalam Pengukuran Teknik dan Sikap Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 Sedayu. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Aldo, Ahmad. (2019). Modul Pembelajaran Autocad 2019. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aldo, Ahmad. (2019). Pembuatan Modul Pembelajaran Autocad pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 3 Yogyakarta. JPTS, 2

(1), 37-51.

Amru, Achmad. (2014). Penerapan Metode Kuder-Richardson (K-R 20) dan Naive Bayes Classifier dalam Analisis Butir Soal Hasil Ujian Tengah Semester Studi Kasus SMKN 5 Malang. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Fianti, Desyia Ari. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Utilitas Bangunan Gedung (SUBG) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. JPTS, 3 (2), 192-201.

Magdalena, Ina, dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3 (2), 312-325.

Mardapi. Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabea.

Sukmantari, H.N., dkk. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Penggunaan ArcGIS Online untuk Pembuatan Peta Penyebaran Gedung: Studi Kasus pada Peta Penyebaran SMK Kompetensi Keahlian DPIB di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPTS, 4 (1), 62-69.

Suseno, Hasan. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle dengan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Temanggung. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.