Pengembangan Video Pembelajaran Pekerjaan Pipa Galvanis pada Praktik Kerja Plambing di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Siti Khofifah Nur Fadillah, Agus Santoso

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development menggunakan model Four D (4D) yang meliputi define, design, develop, disseminate). Instrumen yang digunakan berupa angket menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli materi, media dan pengguna. Data hasil angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran ini sebagai berikut. (1) Telah dikembangkan media pembelajaran berbasis video pipa galvanis dengan model 4D. (2) Hasil pengembangan media video pembelajaran yaitu; tahap define proses pembelajaran masih menggunakan jobsheet dan powerpoint tidak semua materi dijelaskan menggunakan video pembelajaran praktik kerja pipa galvanis. Tahap design video pebelajaran dirancang masing-masing durasinya adalah 5-6 menit per-segmen yang berisi materi yang sesuai dengan langkah kerja di jobsheet. Tahap develop menghasilkan penilaian tingkat kelayakan produk media pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,76 dengan kategori “sangat layak”, dan menurut ahli media dengan rata-rata skor 4,95 dengan kategori sangat “layak”, serta persepsi pengguna dengan rata rata skor 4,796 dengan kategori “sangat layak”. Tahap disseminate yaitu dengan mengemas video pembelajaran melalui Google Drive dan Youtube serta menyebarkan video pembelajaran melalui link Google Drive dan Youtube.

Kata kunci: model 4D (Four-D), pekerjaan pipa galvanis, video pembelajaran


References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindopersada.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1).

Nasional, D. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional. UU RI, (20).

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2011). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327-332.

Tanjung, M. R., & Parsika, T. F. (2017, October). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan dan Pembelajaran Orgami dengan Pendekatan ADDIE. In Seminar Nasional Informatika (SNIF) (Vol. 1, No. 1,pp. 128-144)

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers Exceptional Children A Sourcebook. Minnesota: Indiana University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.