Pengembangan Video Pembelajaran Praktik Penyambungan Pelat Baja dengan Las Listrik di Bengkel Baja dan Logam Departemen Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan FT UNY

Berlianti Rory Novitasari, Agus Santoso

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media video pembelajaran teknik penyambungan pelat baja pada las listrik dengan tipe sambungan butt joint, tee joint, dan lap joint pada mata kuliah praktik baja dan logam, (2) mendapatkan hasil pengembangan (define, design, development, and dissemination) media video pembelajaran teknik penyambungan las listrik dengan tipe sambungan butt joint, tee joint, dan lap joint pada mata kuliah praktik baja dan logam. Metode penelitian ini menggunakan teknik penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek pada penelitian ini merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert 1-5 yang digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model 4D diterapkan dengan cara: tahap define membahas konsep pengembangan video pembelajaran dengan pokok bahasan yaitu tujuan pembelajaran dan isi materi las listrik. Tahap design menghasilkan konsep video pembelajaran berupa storyboard yang memuat informasi isi materi, penataan media, tim penyusun, dan hasil produk. Tahap develop menghasilkan penilaian dari dosen ahli materi, ahli media, dan pengguna. Tahap disseminate dilakukan dengan mengunggah melalui channel Youtube dan link web lain. (2) hasil pengembangan video pembelajaran pada tahap define menghasilkan analisis kebutuhan dan batasan materi pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan sesuai dengan storyboard yang telah dibuat. Tahap develop menghasilkan penilaian uji kelayakan ahli materi kategori “Sangat Layak” dengan perolehan skor sebesar 4,71, penilaian oleh ahli media diperoleh kategori “Sangat Layak” dengan skor sebesar 4,70, dan persepsi pengguna oleh mahasiswa dalam kategori “Sangat Layak” dengan perolehan skor 4,52. Tahap disseminate dilakukan menggunakan Google Drive dan Youtube.

Kata kunci: Pengembangan video; Praktik baja dan logam; Penyambungan pelat baja dengan las listrik


References


Azhar, A. (2003). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bello, dkk. (2019). Facilitated discussions increase learning gains from dialectically localized animated educational videos in Niger. Information Technology for Development, 25(3), 579–603.

Firdaus, dkk. (2019). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka cipta.

Hidayat, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru Smk. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93-103.

Limau. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Teknik Las MIG/MAG Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marwanto, A. (2007). Materi Pelatihan Lifeskill Shield Metal Arc Welding. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, A. E. P. (2020). Pelatihan pembuatan media untuk pembelajaran jarak jauh. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 98-106.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Washington DC: National Center For Improvement Educational System.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.