FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Yasinta Aziz, Drs. Suparman, M.Pd. Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor internal penyebab kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran konstruksi beton siswa kelas XI TKBB di SMKN 2 Klaten yang meliputi sikap, motivasi dan minat; (2) faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran konstruksi beton siswa kelas XI TKBB di SMKN 2 Klaten yang meliputi faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut: indikator minat sebesar 37,2 % atau 26 siswa, indikator motivasi 42,9% atau 30 siswa, indikator sikap terhadap belajar sebesar 58,5 % atau 41 siswa. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 72,5 % atau 51 siswa, indikator sekolah sebesar 52,8 % atau 37 siswa, sedangkan indikator masyarakat sebesar 51,4% atau 36 siswa.


References


Anas Sudiyono. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Ahmadi dan Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2005) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang – Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.