Pengembangan Video Pembelajaran Penggunaan Total Station Untuk Pengukuran Stake Out Jalan

Ridhwan Abinowo, Dr.Ir.Sunar Rochmadi, M.E.S

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Mengembangkan video pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran stake out jalan  untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada praktikum geomatika.(2).Mengujicoba video pembelajaran tersebut.(3).Mengevaluasi kelayakan video pembelajaran tersebut. (4) Untuk mengetahui pemanfaatan dengan mengunakan video pembelajaran sebagai sumber belajar siswa pada praktikum geomatika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) Penelitian dan pengembangan (R&D) untuk media pembelajaran berbasis video pebelajaran  ini mengacu pada perosedur pemgembangan model 4D yang kemukakan oleh Thiagarajan (1974). Prosedur tersebut memuat 4 tahapan penelitian yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrument yang digunakan dalam bentuk kuesioner . kuesioner tersebut digunakan untuk penilaian ahli dan penilaian pengguna.  Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY yang sedang mengampu mata kuliah Praktik Geomatika II. (2) katerori kelayakan, maka penilaian media video dari ahli media ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,26. Skor tersebut jika dikonversikan masuk dalam kategori “sangat layak”. Jika dihitung persentase hasilnya mencapai 81,5%.  (3) penilaian media video dari ahli materi ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,57. Skor tersebut jika dikonversikan masuk dalam kategori “sangat Layak”. Dengan presentase kelayakan mencapai 89,25%.  (4) hasil penilaian dari pengguna atau mahasiswa. Dari keseluruhan pernyataan, diperoleh hasil penilaian dengan jumlah skor total 614. Setelah dilakukan perhitungan dan konversi ke dalam kategori kelayakan, maka penilaian media video dari mahasiswa ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,14. Skor tersebut jika dikonversikan masuk dalam kategori “layak”. Persentase kelayakan video pembelajaran ini   menurut mahasiswa sebesar 78,71%


References


Anonim., 2009. Instruction Manual Total Station Nikon DTM-322. Ohio USA: Trimble Navigation Limited Engineering and Construction Division.

Alessi, S.M. & Trollip, S.R. 2001. Multimedia for learning: methods and development. 3nd ed. USA: Pearson Education.

Alfan. (2010). Busur Lapangan Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah. Jurnal, Institut Teknologi Surabaya.

Anas, Muhammad Fajar. 2015. Pembaruan Peta Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Tugas Akhir, Universitas Negeri Semarang.

Astuti Murni, Fahmi Rizal dan Yuliana. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Azhar, Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Biemans, H., Wesselink, R., Gulikers, J., Schaafsma, S., Verstegen, J. & Mulder, M. 2009. Towards competence-based VET: Dealing with the pitfalls. Journal of Vocational Education and Training, 61(3), 267-286.

Burke, L, Marks-Maran, D.J., Ooms, A., Webb, M., & Cooper, D. 2009. Towards a pedagogy of work-based learning: Perceptions of work-based learning in foundation degrees. Journal of Vocational Education and Training, 61(1), 15-33.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djemari Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Mitra Cendekia Press.

Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Sukoco, Zainal Arifin dan Mukhamad Wakid. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.

Wesselink, R., de Jong, C. & Biemans, H.J.A. 2010. Aspects of competence-based education as footholds to improve the connectivity between learning in school and in the workplace. Vocations and Learning, No.3, 19-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.