Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 2 Wonosari

Totok Setiawan, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran teknik pengukuran tanah pada program studi Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 2 Wonosari, (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul pembelajaran teknik pengukuran tanah oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran teknik pengukuran tanah

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket dengan empat skala Likert  yang divalidasi oleh dosen ahli. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi, ahli media dan penilaian dari guru mata pelajaran teknik pengukuran tanah.

Hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran teknik pengukuran tanah SMK N 2 Wonosari, bahwa pengembangan modul melalui empat tahapan, yaitu: (1) menganalisis kebutuhan modul (define), (2) perancangan desain modul (design), (3) memvalidasi modul (develop), dan (4) penyebaran modul (disseminate). Hasil pengujian validasi materi oleh ahli materi mendapat skor 89,86% dengan predikat “sangat layak”. Hasil pengujian validasi media oleh ahli media mendapat skor 86,30% dengan predikat “sangat layak”. Hasil dari pengujian validasi oleh guru mata pelajaran teknik pengukuran tanah dalam aspek materi mendapat skor rata-rata 76,34% dengan predikat “layak”, sedangkan aspek media mendapat skor rata-rata 79,75% dengan predikat “layak”. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran teknik pengukuran tanah layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah.

References


Anik Ghufron. (2007). Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Abdul Majid. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi.

Bayu Kristiawan Pratama Saputra. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Untuk Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan Di SMK N 1 Magelang. TAS UNY.

Bekti Wulandari. (2015). Pengembangan Trainer Equalizer Grafis dan Parametris Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Sistem Audio. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Nomor 4 Tahun 22). Hlm 374-384.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Diunduh dari: http://gurupembaharu.com/home/wpcontent/uploads/download/2011/02/26-05-A2-B-PenulisanModul.doc. pada tanggal 26 Maret 2018, Jam 22.23 WIB.

Dwi Rahdiyanta (2016). Teknik Penyusunan Modul. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik penyusunan-modul.pdf. pada tanggal 28 Juni 2018, Jam 19.45 WIB.

Endang Mulyatiningsih (2013). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf pada tanggal 28 Maret, Jam 20.31 WIB.

Farida Awaliyah. (2013). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi. (Nomor 4 Tahun 1) Hlm. 65-74.

Hujair A H. Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Muhammad Faza Rozani. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia. TAS UIN.

Oemar Hamalik (1986). Media Pendidikan. Bandung: PT Alumni.

Ramli Abdullah. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika. (Nomor 2 Tahun 12). Hlm 216-231.

Reber, Arthur S. (1988). The Penguin Dictonary of Psychology. Ringwood Vctoria. Penguin Books Autralia Ltd.

S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sri Haryati. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika. (Nomor 1 Tahun 37). Hlm 11-26.

Sri Kantun. (2013). Hakikat dan Prosedur Penelitian Pengembangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Jember. (Nomor 7 Tahun 2). Hlm 76.

Sugihartono, dkk. (2013) . Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Putu Sukerni (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) (Nomor 3 Tahun 1).

Sukoco. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Nomor 2 Tahun 22). Hlm 216-226.

Suryosubroto. (1983). Sistem Pengajaran dengan Modul. Jakarta: Bina Aksara.

Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran Teknik Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Nomor 2 Tahun 19). Hlm 256-280.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S, Semmel, M.I (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Minnepolis: Indiana University.

Triton Prawira Budi. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset Statitik Parametrik. Yogyakarta: Andi.

Winkel S.J. W.S (1983). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Yan Permana. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad dengan Konsep Pembelajaran Berbasis Proyek di Jurusan Teknik Arsitektur SMK Negeri 2 Wonosari. TAS UNY.

Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Ziriyatun Nafi’ah. (2017). Pengembangan Modul Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Siswa Kelas X Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. TAS UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.