Efektivitas Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 1 Seyegan

Senorita Prastika, Drs. Darmono, M.T. Darmono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa baik efektivitas persiapan prakerin, pelaksanaan prakerin, serta monitoring dan evaluasi prakerin kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa, guru dan Wks. Humas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persiapan prakerin di SMK Negeri 1 Seyegan masuk kedalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata (mean) sebesar 90,833 terletak pada rentang skor 88,334 s.d 94,168 yang masuk dalam kategori baik; (2) pelaksanaan prakerin di SMK Negeri 1 Seyegan masuk kedalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata (mean) sebesar 85,889 terletak pada rentang skor 85,834 s.d 92,919 yang masuk dalam kategori baik; (3) monitoring dan evaluasi di SMK Negeri 1 Seyegan masuk kedalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata (mean) sebesar 87,417 terletak pada rentang skor 85 s.d 92,500 yang masuk dalam kategori baik.


References


Azwar, Saifudin. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iriani, Dwi Sapitri & Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 3 Purwerejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22 (3) . Hlm. 274-290.

Masaong, Abd Kadim. (2010). Supervisi Pendidikan. Bandung: MSQ Publishing.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suharyadi, Catur. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan di Kota Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yoyakarta: UNY.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.