KAJIAN UNIT PRODUKSI SEKSI SIPIL DAN FURNITURE DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK (BLPT) YOGYAKARTA

Faris Dwi Prasetya, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M. Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan manajemen UPJ seksi sipil dan furniture BLPT Yogyakarta; (2) Faktor penghambat pelaksanaan UPJ seksi sipil dan furniture BLPT Yogyakarta; (3) Faktor pendukung pelaksanaan UPJ seksi sipil dan furniture BLPT Yogyakarta (4) Konsep pengembangan UPJ seksi sipil dan furniture BLPT Yogyakarta.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah UPJ seksi sipil dan furniture di BLPT Yogyakarta, dengan sumber data dari Kepala Seksi, Estimator dan Pegawai di seksi sipil dan furniture BLPT Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan metode Miles and Huberman.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Manajemen SDM, minimnya jumlah SDM, terutama bagian tim produksi, Manjemen Produksi, penanggungjawab utama pada proses produksi adalah Estimator dan Koordinator, penanggungjawab diklat adalah panitia yang terbentuk, Manajemen Keuangan, tidak terdapat modal berupa uang, modal yang dimiliki berupa alat-alat yang merupakan aset negara dan PTT yang diangkat oleh BKD, Manajemen Pemasaran, sistem pemasaran masih sederhana dengan menggunakan brosur dan saling tukar informasi antar sesama konsumen; (2) Faktor penghambat pelaksanaan unit produksi adalah faktor internal, yakni kurangnya jumlah SDM untuk tim produksi, kegiatan insidental dan pemadaman listrik; (3) Faktor pendukung pelaksanaan unit produksi antara lain peralatan siap pakai dengan perawatan berasal dari APBD, PTT yang disalurkan oleh BKD untuk mengisi bagian tim produksi; (4) Konep pengembangan unit produksi dan jasa kedepan antara lain; (a) Manajemen SDM: perlunya penambahan SDM terutama tim produksi; (b) Manajemen produksi: mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk; (c) Manajemen Pemasaran: pengembangan sistem pemasaran yang dapat memberi banyak kemudahan bagi konsumen dan calon konsumen.

References


Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Emilda Jusmin. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik Di Unit Produksi Sekolah, Dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Smk Di Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 21 No 1, Mei 2012.

Hadari Nawawi. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press

Hendra Kusuma,. (2001). Manajemen Produksi Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Indriyo Gitosudarmo dan Basri. (1992). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta

M. Manullang. (2001). Dasar – dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Peraturan Gubernur DIY. (2008). Peraturan Gubernur DIY Nomor 49 Tahun 2008 tentang fungsi BLPT Yogyakarta. DIY

Radiosunu. (2001). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE-YOYGYAKARTA

Sri Sulistyaningsih W. (1997). Manajemen Unit Produksi Di SMKN dan SMKKN Yogyakarta. Skripsi. FT UNY

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susilo Martoyo. (1987). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Suwatno dan Donni Joni Priansa. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

T. Hani Handoko. (1992). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta : BPFE-YOGYAKARTA.

T. Sulistiyani, Ambar dan Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Timpe, A. Dale. (1990). Manajemen Pemasaran. (Ahli bahasa: Drs. Haryanto), Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Yuliansah dan Aliyah A. Rasyid. (2015). Efektivitas Unit Produksi Sebagai Sumber Belajar Kewirausahaan Di Smk Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22 No 4, Oktober 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.