Pengembangan Modul Pendidikan Dan Pelatihan Kendali Mutu Material Dan Pengujian Plambing di PT. Summarecon Agung, Tbk.

M. Fata Yusro, Drs. Suparman, M.Pd. Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pendidikan dan pelatihan mata diklat Kendali Mutu Material dan Pengujian Plambing untuk digunakan karyawan PT. Summarecon Agung, Tbk, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan modul mata diklat Kendali Mutu Material dan Pengujian Plambing berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model 4D (define, design, develop, disseminate) dari Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen penilaian menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang dilakukan dengan menggunakan tendensi sentral mean. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) penelitian ini telah dihasilkan modul mata diklat Kendali Mutu Material dan Pengujian Plambing untuk karyawan PT. Summarecon Agung Tbk. Spesifikasi modul mata diklat Kendali Mutu Material dan Pengujian Plambing terdiri dari 2 materi pokok yaitu Material Jenis Pipa dan Peralatan Plambing, Materi yang kedua Alat Ukur dan Pengukuran Plambing. Kedua materi tersebut terdiri dari Pembuka, Inti materi, Silabus, RPP, Soal evaluasi dan PPT., (2) tingkat kelayakan modul Kendali Mutu Material dan Pengujian Plambing dari aspek materi dengan skor sebesar 3.6 masuk dalam kategori sangat layak, sedangkan tingkat kelayakan dari aspek media dengan skor sebesar 3.86 masuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media tersebut, modul layak digunakan oleh karyawan PT. Summarecon Agung, Tbk.


References


Ahmad Rifa’i Subagiyo. (2010). Perbedaan Pembelajaran Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1- Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Tesis. UNS

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rudi Susialana dan Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana.

Thiagarajan, S; Semmel, D.s & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Chldren: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.