Profil Karakter Siswa SMK Muhammadiyah Pakem Sleman.

Rosyta Anggraeni, Ikhwanuddin, ST.,MT. Ikhwanuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasikan profil karakter siswa SMK Muhammadiyah Pakem Sleman ditinjau dari siswa yang aktif berorganisasi dan siswa yang tidak aktif berorganisasi.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari SMK Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2017/2018 yang masih aktif/terdaftar sebagai siswa SMK. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling dipilih siswa yang aktif berorganisasi dan siswa yang tidak aktif berorganisasi pada kelas X dan XI dengan jumlah siswa sebanyak 67. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2018. Data diambil dengan metode kuisioner (angket tertutup). Metode validasi yang digunakan adalah Expert Judgement. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Penelitian ini menyimpulkan secara keseluruhan: (1) Karakter siswa SMK Muhammadiyah Pakem yang aktif berorganisasi memperoleh pencapaian persentase rerata pada karakter personal atau karakter kedisiplinan, kejujuran, dan ketanggungjawaban sebesar 83,06% termasuk dalam kriteria “sangat baik” dan karakter interpersonal atau karakter kesopan santunan dan kepedulian sosial memperoleh pencapaian persentase rerata sebesar 93,18%  termasuk dalam kriteria “sangat baik”; (2) Karakter siswa SMK Muhammadiyah Pakem yang tidak aktif berorganisasi memperoleh pencapaian persentase rerata pada karakter personal atau karakter kedisiplinan, kejujuran, dan ketanggungjawaban sebesar 51,85% termasuk dalam kriteria “baik” dan karakter interpersonal atau karakter kesopan santunan dan kepedulian sosial memperoleh pencapaian persentase rerata sebesar 63,33%  termasuk dalam kriteria “baik”; (3) Berdasarkan uji t-test terdapat perbedaan karakter yang signifikan antara siswa SMK Muhammadiyah Pakem yang aktif berorganisasi dengan siswa yang tidak aktif berorganisasi, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan perbedaan pada semua variabel karakter juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan.

References


Atkinson, Hilgrad. (2003). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Koeswara, E. (1991). Teori-teori Kepribadian dan Karakter. Bandung: Eresco.

Ngalim Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patty. F. (1982). Dasar-dasar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Paul Suparno, dkk. (2003). Pendidikan Budi Pekerti. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ratmono. (2004). Profil Tipe Kepribadian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan BPK Penabur Cirebon Suatu Studi Evaluatif. Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.III / Desember 2004.

Rukiyati, dkk. (2008). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.