Pengembangan Video Pembelajaran Penggunaan Total Station untuk Pengukuran Stake Out Gedung

Erina Mega Anjarsari, Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M.E.S

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran stake out Gedung; (2) mengetahui seperti apakah video pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran stake out gedung tersebut; (3) mengetahui kelayakan video pembelajaran tersebut menurut ahli materi, ahli media dan pengguna.Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan teknik Sipil dan perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.Hasil penellitian dan pengembangan media pembelajaran disimpulkan sebagai berikut: (1) telah dikembangkan video pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran stake out gedung; (2) video pembelajaran dibuat dengan kombinasi simulator, gambar, penggunaan alat, dan audio melalui proses editing dan disebarkan secara online dan offline; (3) berdasarkan penilaian ahli materi video pembelajaran masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dengan skor rata-rata 3,64 atau 91%; (4) berdasarkan penilaian ahli media video pembelajaran masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dengan skor rata-rata 3,46 atau 86,5%; (5) berdasarkan penilaian pengguna video pembelajaran masuk dalam kategori layak untuk digunakan dengan skor rata-rata 3,24 atau 81%.

References


Anonim. (2013). Manual Praktis Nikon DTM 322. Diakses dari

https://www.scribd.com/doc/161664847/Petunjuk-Praktis-Nikon-DTM-

-Indonesia. pada tanggal 12 Februari 2018, Jam 11.15 WIB

Arief Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono & Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Azhar Arsyad. 2016. Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, edisi ke-2 revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Djemari, Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes.

Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. rev.ed.

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Frank, S. 2006. Surveying in the United States 1930 to present. Survey Review, 38 (300),479-484

Hujair, Sanaky. (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:

Kaukaba Dipantara.

Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Rueger, J. M. 2006. 75 years of change in survey technology. Survey Review, 38, (300),459-473.

Sakimura, R. & Maruyama, K. 2007. Developing of a new generation imaging Total

Station. Journal of Surveying Engineering, 133 (1), 14-22.

Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan. Edisi kedua. Terjemahan Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sri Anitah. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan; Pendidikan Kuantittif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2014). Pengukuran dan Pematokan (Setting Out) Gedung Sistem Koordinat. Diakses dari http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index. php/departemen bangunan-30/888-setting-out pada tanggal 11 Desember 2017, jam 7.07 WIB.

Syaifuddin Azwar. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education

Wahono, Romi Satria. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran.

Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteriapenilaian-media-pembelajaran/. pada tanggal 16 Mei 2018, Jam

20 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.