EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Fazar Tri Danurwindo, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa baik pelaksanaan pembelajaran dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan standar proses Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Gedung kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 76 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus Solvin dengan batas toleransi kesalahan 8% sehingga berjumlah 52 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan mendapat skor 50% menilai Baik; (2) aspek perencanaan pembelajaran mendapat skor 42,3% menilai Sangat Baik dan menilai Baik; (3) aspek pelaksanaan pembelajaran mendapat skor 48,08% menilai Baik; (4) aspek penilaian pembelajaran mendapat skor 53,85% menilai Sangat Baik.


References


Sumadi Suryabrata. (2013). Metode Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada.

Hari Setiadi. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20 (2), 166-178.

Mardiana & Pujiyati S. (2017). Evaluating The Philosophical Foundation Of 2013 Curriculum. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 21 (2), 175-188.

Soenarto, dkk. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Sekolah Menengah Kejuruan Program 4 Tahun Dalam Meningkatkan Employability Lulusan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 21 (2), 215-227.

Gunadi, dkk. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22 (2), 155-162.

Depdikbud. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.