Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Kendali Mutu Material Untuk Perumahan di PT. Summarecon Agung.

Hanif Yudh Adidana, Drs. Darmono, MT. Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk pengembangan modul pendidikan dan pelatihan kendali mutu material untuk perumahan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pendidikan dan pelatihan kendali mutu material untuk perumahan menurut ahli materi, (3) Mengetahui tingkat kelayakan modul pendidikan dan pelatihan kendali mutu material untuk perumahan menurut ahli media.

Penelitian pengembangan modul ini merupakan jenis penelitian research and development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada model pengembangan 4D (Four D) yang memiliki empat tahap utama yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebarluasan (Disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket untuk menilai tingkat kelayakan modul, kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Kelayakan modul ini dilihat dari skor validasi yang menggunakan skala Likert kemudian dianalisis untuk mengetahui tingkat kelayakan modul. Modul ini memiliki 10 pokok materi yaitu: (1) Batu Bata, (2) Plester Semen, (3) Aci, (4) Kusen Alumunium, (5) Engineering Wood, (6) Keramik, (7) Cat, (8) Baja Ringan, (9) Penutup Atap, dan (10) Waterproofing.

Hasil penilaian modul oleh ahli materi mendapatkan rerata total skor kelayakan sebesar 3,71 yang termasuk kriteria “Sangat Layak” dengan rentang 3,25-4,00 dan memiliki skor maksimal 4. Hasil penilaian modul oleh ahli media mendapatkan rerata total skor kelayakan sebesar 3,26 yang termasuk kriteria “Sangat Layak” dengan rentang 3,25-4,00 dan memiliki skor maksimal 4. Dapat disimpulkan bahwa Modul Kendali Mutu Material untuk Perumahan yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan dalam pendidikan dan pelatihan karyawan di PT. Summarecon Agung Tbk.

References


Modul Pendidikan dan Pelatihan, Kendali Mutu Material Untuk Perumahan

Arief S. Sadiman. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam mengajar). Yogyakarta: PT. Gava Media.

Sofjan Assauri. (1999). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wulfram I. Ervianto. (2007). Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.