Pengembangan Media Pembelajaran Beda Tinggi Takhimetri Berbasis Mobile Application Menggunakan Adobe Flash CS6

Taufik Budi Julianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah Geomatika I dengan materi Beda Tinggi Takhimetri, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model four-D (4D) dari Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu: (1) proses pendefinisian (define), (2) proses perancangan (design), (3) proses pengembangan (develop), dan (4) proses penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan di validasi dari dosen ahli materi, ahli media, dan pengguna. Teknik analisis data menggunakan konversi skor skala lima dari Suartama. Produk penelitian ini berupa: (1) media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Application dengan materi utama beda tinggi takhimetri yang terdiri dari: (a) pengertian beda tinggi takhimetri, (b) fungsi dari pengukuran beda tinggi takhimetri, dan (c) ruang lingkup dari pengukuran beda tinggi takhimetri, (2) media pembelajaran ini terdiri dari lima menu utama yaitu: (a) petunjuk penggunaan, (b) kompetensi dan tujuan, (c) materi, (d) kuis, dan (e) tentang. (3) hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan pengguna terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash yaitu: (1) penilaian ahli materi terhadap media dapat dikategorikan “sangat layak”; (2) penilaian ahli media dapat dikategorikan “sangat layak”; dan (3) penilaian pengguna dapat dikategorikan “layak” sehingga dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di kelas dan di luar kelas.

References


Dientje Borman Rumampuk (1998). Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

I Kadek Suartama. (2011). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Yogyakarta: Tesis UNY.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.