Pengembangan Media Pendidikan dan Pelatihan Desain Arsitektur dan Lingkungan di PT. Summarecon Agung Tbk.

Vyna Agustin Lavenda, Retna Hidayah, MT., Ph.D.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pendidikan dan pelatihan desain arsitektur dan lingkungan di PT. Summarecon Agung Tbk. dan untuk mengetahui kelayakannya sampai pada validator ahli. Produk yang dibuat adalah modul yang berjudul Pengenalan Kaidah Design (Rumah) dan Konsep Green Environment. Hasil pengembangan media pendidikan dan pelatihan yang diperoleh dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) penelitian pengembangan media pendidikan dan pelatihan desain dan arsitektur dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate (2) hasil validasi aspek materi untuk modul Pengenalan Kaidah Design (Rumah) dikategorikan “layak” dengan perolehan skor kelayakan 75,86%. Adapun untuk modul Konsep Green Environment dikategorikan “layak” dengan perolehan skor kelayakan 81,37%. Sementara itu hasil validasi media menunjukkan bahwa modul Pengenalan Kaidah Design (Rumah) dan modul Konsep Green Environment dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan skor kelayakan yang sama yaitu 88%.

References


Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2015). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Jakarta: BPKP

Ching, DK, Edisi II. (1996). ARSITEKTUR Bentuk, Ruang, Dan Tatanan; Jakarta: Erlangga

Hartono. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: JPTK UNY, volume 18 nomer 1.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2015). Bangunan Gedung Hijau. Jakarta: Dinas Pekerjaan Umum

Kadarisman Tejo Yuwono & Suprapto. (2011). Pengembangan Modul Praktikum Mikrokontroler (AVR) Menggunakan Perangkat Lunak Proteus Professional v7.5 SP3. Yogyakarta: JPTK UNY, volume 20 nomer 1.

PT. Summarecon Agung Tbk. (2016). Annual Report. Jakarta: PT. Summarecon Agung Tbk.

Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik sebagai UpayaPeningkatan Proses Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. JPTK, volume 19 nomer 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.