Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Bidang Manajemen Proyek Konstruksi di PT. Summarecon Agung, Tbk Tangerang, Banten

Anindya Dwi Utami, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan modul diklat karyawan di PT. Summarecon Agung, Tbk pada berbagai jenjang pekerjaan di Department Project Real Estate (Housing) bidang Manajemen Proyek Konstruksi, (2) Mengetahui kelayakan modul diklat bagi karyawan PT. Summarecon Agung, Tbk pada berbagai jenjang pekerjaan di Department Project Real Estate (Housing) bidang Manajemen Proyek Konstruksi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (fourD) Thiagarajan, meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan Likert skala 4. Angket divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kesesuaian modul pendidikan dan pelatihan manajemen proyek konstruksi.

Hasil penelitian pengembangan modul pendidikan dan pelatihan manajemen proyek konstruksi untuk pelatihan karyawan PT. Summarecon Agung, Tbk bahwa pengembangan modul melalui empat tahapan, yaitu: (1) Menganalisis kebutuhan modul (define), (2) Perancangan desain modul (design), (3) Memvalidasi modul (develop), dan (4) Penyebaran modul (disseminate). Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa modul Kurva S, Barchart Diagram, Analisa Proyek, serta Kapasitas Alat Berat dan SDM memperoleh nilai rata-rata 3,54 sehingga dalam kategori “sangat layak”. Hasil analisis oleh ahli materi memeperoleh nilai rerata 2,78 untuk kurva S, nilai 2,75 untuk barchart diagram, nilai 2,59 untuk analisa proyek, dan 2,72 untuk kapasitas alat dan SDM sehingga keempat modul tersebut termasuk dalam kategori “layak”. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa modul pendidikan dan pelatihan manajemen proyek konstruksi dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

References


Anwar. (2010). Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Arief, dkk. (2006). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Triton Prawira Budi. (2006). SPSS13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Hartoyo. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Komputer. Jurnal Pendiidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Nomor 1 tahun 18). Hlm. 67.

Nurma dan Endang Susilowati. (2010). Pengembangan Modul. Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USM.

Paryanto dan Sudiyatno. (2011). Implementasi model Assessment for Learning (AfL) pada PembelajaranProses Pemesinan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY. 20. Hlm. 47, 65.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: Baru Algesindo.

Suryobroto. (1983). Sistem Pengajaran dengan Modul. Yogyakarta: Bina Aksara.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S, Semmel, M.I (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Minnepolis: Indiana University.

Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran bahan Teknik sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran di jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Nomor 2 tahun 19). Hlm. 279-280.

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijaya, Cece, dkk. (1988). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remadja Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.