Pengembangan Media Pendidikan dan Pelatihan Pelaksanaan Pekerjaan Landscape di PT. Summarecon agung, Tbk

Fitri Miandari, Retna Hidayah, S.T., M.T., Ph.D.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pendidikan dan pelatihan bagi karyawan di bidang landscape mata diklat metode pelaksanaan landscape Departemen Project Real Estate (Housing) PT. Summarecon Agung, Tbk. Hasil penelitian pengembangan secara keseluruhan: (1) pada tahap define setelah dilakukan analisis standar kompetensi job level didapatkan 2 Kompetensi pokok bahasan, 7 kompetensi dasar dan 10 bahasan materi, tahap design dilakukan penyajian materi ke dalam modul dengan format tujuan, pendahuluan, materi dan soal latihan, tahap develop dilakukan perbaikan terhadap masukan dari ahli media dan materi (2) Penilaian kelayakan ahli media 3,03% dalam kategori “Layak”. (3) Penilaian kelayakan ahli materi 3,9% dalam kategori “Sangat Layak”.

References


Indrizal, E. (2014). Diskusi Kelompok Terarah Focus Group Discussion (FGD) (Prinsip-Prinsip dan Langkah Pelaksanaan Lapangan). Jurnal Antropologi, 16, 75-82

Kemenaker. (2016). Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 2, Tahun 2016, tentang Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional.

Kemenakertrans. (2014). Peraturan menteri Tenaga Kerja dan transmigrasi RI Pasal 7 Nomor 8, Tahun 2014, tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan berbasis kompetensi.

Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, A. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui OJT. Jurnal Manajemen Pusdiklat Migas, Vol 06 No 2.

Pertiwi, G. (2012). Proses Pelaksanaan Pekerjaan Landscape pada Proyek Penataan Kawasan Sport Center Rumbai, Riau, di Nindya-TWW, Jo. Skripsi, tidak diterbitkan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Prasetya, I.G.A.S., Wirawan, I.M.A., Sindu, I.G.P. (2017). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI dengan Model Problem Based Learning di SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 14. 96-105.

Sugihartini, N. & Jayanta, N.L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 14. 221-230

Sukoco., Arifin, Z., Sutiman., et al. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22. 215-226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.