Minat dalam Memilih Bidang Pekerjaan dan Tipe Kepribadian Siswa Kelas XI dan XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Depok

Wagian Dikky Age Triana, Drs. H. M. Jamin, S.T., M.T. Jamin

Abstract


Penulisan tugas akhir skripsi ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam memilih bidang pekerjaan, serta untuk mengetahui tipe kepribadian pada setiap individunya. Sangatlah penting bagi siswa untuk mengetahui kemampuan diri setiap individunya, apakah nantinya bidang pekerjaan yang dipilih oleh siswa akan sesuai dengan kemampuannya atau tidak.

Metode penelitian tugas akhir skripsi ini menggunakan pendekatan positivistik kuantitatif, dengan teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan statisktik deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket atau kuisioner dengan responden siswa kelas XI dan XII pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Depok.

Hasil yang didapatkan pada penulisan tugas akhir skripsi ini yaitu 106 siswa memiliki minat dalam memilih bidang pekerjaan, minat tersebut yaitu: 1) Sebesar 32,08% siswa menyatakan sesuai dengan potensi/ keahlian yang dimiliki, 2) Sebesar 32,08% siswa sesuai dengan peluang kerja/ prospek kerja, 3) Sebesar 11,32% siswa karena hobi atau kesenangan, 4) Sebesar 7,55% siswa sesuai dengan pendidikan/ bidang yang ditekuni, 5) Sebesar 6,60% siswa karena keinginan untuk sukses, 6) Sebesar 3,77% siswa sesuai dengan cita-cita/ keinginan yang dimiliki, 7) Sebesar 3,77% siswa sesuai dengan penghasilan di dunia kerja, dan 8) Sebesar 2,83% siswa berdasarkan agama sebagai panutan. Kemudian diperoleh persentase tipe kepribadian dari 106 siswa, yaitu untuk tipe Popularian sebesar 20,75%, tipe Tenang 63,21%, dan tipe Konvensional 16,04%.


References


Aida Y, dkk. (2016). Prinsip Penelitian dalam Bidang Pendidikan Biologi yang Menggunakan Paradigma Positivistik Kuantitatif. Diakses dari http://www.academia.edu/28947510/Penelitian_menggunakan_Paradigma_Positivistik_Kuantitatif, pada tanggal 13 November 2017.

Andi, HS. (2013). Skripsi: Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: UNY.

Basuki, W. (2003). Pengantar Pisikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Curtis, F.R. & John, C.R. (1984). Curriculum Development in Vocational and Technical Education-Planning, Content, and Implementation 2nd. Toronto: Allyn and Bacon. Inc.

Depdikbud. (1981). Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V, Buku III-A Psikologi Perkembangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efriyani, D. (2003). Memilih dan Mencari Kerja Sesuai Dengan Bakat dan Kepribadian. Jakarta: Kawan Pustaka.

Enung, F. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Imaniar, Anita. (2014). Pengertian dan Jenis Bakat, Minat dan Kemampuan. Diakses dari http://diaryan2.blogspot.co.id/2014/ 08/pengertian-dan-jenis-bakat-minat-dan.html?m=1, pada tanggal 1 November 2017.

Heri, P. (1998). Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: EGC.

Ibrahim, A. (2013). Pengertian Potensi dan Jenis-Jenisnya. Diakses dari http://pengertiandefinisi.com/pengertian-potensi-dan-jenis-jenisnya/, pada tanggal 8 Februari 2017.

Ibrahim, A. (2013). Pengertian Pekerjaan dan Konsep-Konsep yang Mengikutinya. Diakses dari http://pengertiandefinisi.com/ pengertian-pekerjaan-dan-konsep-konsep-yang-mengikutinya/, pada tanggal 8 Februari 2017.

Kawakib, J. (2008). Hubungan antara intelegensi, career self efficacy, status sosial ekonomi orang tua dan pengambilan keputusan karier siswa SMA Negeri di Kabupaten Pamekasan. Tesis. (Tidak Diterbitkan). Program Studi Magister Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurnia, Ahmad. (2014). Tehnik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Diakses dari http://skripsimahasiswa.blogspot.co.id/2014/03/metode-dan-tehnik-pengumpulan-data.html?m=1, pada tanggal 1 November 2017.

Lukman, H. (2013). Kepribadian (Teori-Teori dan Tipe-Tipenya). Diakses dari http://lukmankudus94.blogspot.co.id/2013/11/teori-kepribadian-dan-tipe-tipenya_27.html?m=1, pada tanggal 3 November 2017.

Manrihu, M. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karier. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Munadi, Sudji. (2007). Jurnal Pendidikan dan Kejuruan: Orientasi Pilihan Karir oleh Mahasiswa D-3 Program Studi Teknik Mesin FT UNY. Yogyakarta.

Patton, W. (2003). Predicting two components of career maturity in school based adolescents. Journal of Career Development, 29, 277-290.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Putra Dayeuluhur. (2011). Mengenal Potensi Diri, Minat dan Bakat serta Bidang Kerja. Diakses dari http://www.putra-dayeuhluhur.com/2011/05/ mengenal-potensi-diri-minat-dan-bakat.html, pada tanggal 9 Februari 2017.

Riadi, Muchlisin. (2013). Potensi Diri. Diakses dari http://www.kajianpustaka.com/2013/10/potensi-diri.html?m=1, pada tanggal 10 Februari 2017.

Ruslan, G. (2012). Bimbingan Karier. Bandung: Angkasa.

Santrock. J. W. (2003). Adolescence, perkembangan remaja. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparman. (2014). Jurnal Pendidikan dan Kejuruan: Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Yogyakarta.

Surakhmad, W. (2004). Pengantar Interaksi Mengajar, Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Suryabrata, S. (2015). Psikologi Pendidikan Edisi V. Jakarta: Rajawali Pers.

Suwandi. (2016). Jurnal Pendidikan dan Kejuruan: Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta.

Tim FT UNY. (2013). Bimbingan Kejuruan. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/ sites/default/files/pendidikan/Dr.%20Kokom%20Komariah,%20M.Pd./2.%20Bimbingan%20Kejuruan.ppt, pada tanggal 8 Februari 2017.

Ubaidillah. (2010). Teknik Analisis Data Kuantitatif. Diakses dari https:// mabadik.wordpress.com/2010/07/10/teknik-analisis-data-kuantitatif/, pada tanggal 14 November 2017.

Whiterington. (1985). Psikologi Pendidikan (terjemahan Buchori). Jakarta: CV Gramedia Cipta Jaya Offset.

Yuswardi, SR. (2011). Penelitian Kualitatif dalam Pendekatan Positivistik, Naturalistik, Simbolik dan Fenomenologik. Diakses dari http:// yuswardisyukrieubee.blogspot.co.id/2011/05/penelitian-kualitatif-dalam-pendekatan.html?m=1, pada tanggal 1 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.