Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Dasar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang

Nurul Sekar Djatiningrum, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru mata pelajaran Gambar Teknik Dasar pada program keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang (2) mendeskripsikan tingkat prestasi belajar mata pelajaran Gambar Teknik Dasar yang dimiliki oleh siswa kelas X program keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang (3) mendeskripsikan seberapa besar peranan kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar terhadap prestasi belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Gambar Teknik Dasar berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 63,82% (2) tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran Gambar Teknik Dasar kelas X program keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang berada pada kategori baik yaitu sebanyak 73,4% (3) kompetensi pedagogik guru memiliki peranan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di kelas X program keahlian Teknik Bangunan SMK N 1 Magelang. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana didapat 43,2% pada variabel kompetensi pedagogik guru (X) mempengaruhi variabel prestasi belajar siswa (Y), sedangkan 56,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


References


Burhan Nurgiyantoro. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dody Rijal Umami dan Erny Roesminingsih. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri Se Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 3(III). Hlm. 81-88.

E. Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eka Andriawati. dkk. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Abstrak Hasil Penelitian Universitas Tanjungpura Pontianak. Pontianak: Lembaga Penelitian Universitas Tanjungpura Pontianak.

Jamil Suprihatiningrum. (2016). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jejen Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marsudi. (2016). Penerapan Model Konstruktivistik dengan Media File Gambar 3D untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Nomor 1 tahun 2016). Hlm. 16-27.

Muhibbin Syah. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurfina Azman. dkk. (2011). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Unit Program Pengalaman Lapangan UNY.

Oemar Hamalik. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Republik Indonesia. (2013). Keputusan Kongres XXI Persatuan Guru Republik Indonesia tentang Kode Etik Guru Indonesia. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Rina Febriana. (2016). Identifikasi Komponen Model Pelatihan Pedagogi untuk Meningkatkan Profesionalitas Calon Guru Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Nomor 1 tahun 2016). Hlm. 79-89.

Sri Waluyanti. (2010). Meningkatkan Kompetensi Pedagogi dan Vokasional Melalui Metode Peer Teaching dan Kooperatif Jigsaw pada Mata Kuliah Sistem Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Nomor 1 tahun 2010). Hlm. 123-143.

Sudarwan Danim. (2002). Inovasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syukri Indra. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di SMK Farmako Medika Plus Caringin Bogor. Abstrak Hasil Penelitian Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta: Lembaga Penelitian Institut Agama Islam Negeri Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.