HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL MAHASISWA DAN KEAKTIFAN BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN KAMPUS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA CALON GURU

Sigit Wisnu Untoro, Drs. Suparman, M.Pd. Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi sosial mahasiswa program studi bimbingan Konseling FIP Universitas Negeri Yogyakarta secara umum, (2) lingkungan sosial mahasiswa program studi bimbingan konseling, (3) keaktifan bersosialisasi mahasiswa program studi bimbingan konseling, (4) hubungan antara lingkungan sosial mahasiswa dengan kompetensi sosial mahasiswa,  (5) hubungan antara keaktifan bersosialisasi di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa, (6) hubungan antara lingkungan sosial mahasiswa dan keaktifan bersosialisasi di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto. Teknik pengambilan sampel multi stage, sampel program study PSBK FIP UNY sebanyak 174 mahasiswa angkatan 2011-2013 dari 408 mahasiswa sampel dipilih secara acak. Data penelitian dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan perangkat lunak SPSS 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan : (1) kompetensi sosial mahasiswa secara umum dikategorikan  sangat baik, (2) lingkungan sosial mahasiswa dikategorikan sangat baik, (3) keaktifan bersosialisasi mahasiswa  dikategorikan sangat baik, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial mahasiswa dengan kompetensi sosial mahasiswa, nilai signifikansi P sebesar 0,00 < 0,05, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan bersosialisasi dengan kompetensi sosial mahasiswa, P sebesar 0,00 < 0,05, (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial mahasiswa dan keaktifan bersosialisasi dengan kompetensi sosial mahasiswa, P sebesar 0,00 < 0,05.

References


Akhir, Galang I.Y. (2014). Hubungan Lingkungan Sosial dan Keaktifan Kegiatan di Kampus dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY.

Febri, L. (2014). Hubungan Angkatan Masuk Dan Keaktifan Kegiatan Di Kampus Dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fis Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY.

Anonim. T1_262010604_BAB II – keaktifan. Diakses dari http://repository.uksw.edu/jspui/bitstream/123456789/649/3/T1_262010604_BAB%20II.pdf. Diakses pada 1 November 2014, Jam 08.58 WIB.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartini. (2012). Perbedaan Interaksi Sosial Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Berdasarkan Keikutsertaan Dalam Organisasi Di Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Diakses dari http://repository.uksw.edu/jspui/handle/123456789/1819. Pada 3 November 2014, Jam 11.03 WIB.

Husaini Usman & Purnomo S.A. (2012). Pengantar Statika (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, Idris. (2011). Hubungan antara Teman Sebaya dengan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa. Diakses dari http://kajian.uii.ac.id/wp-content/uploads/2011/06/. Pada 3 November 2014, Jam 10.51 WIB.

Sri, Indah. (2012). Perbedaan Penerimaan Diri dengan Kompetensi Interpersonal Antara Remaja Laki-Laki dan Perempuan di Panti Asuhan Muhammadiyah Gubug. Diakses dari http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/131/. Pada 3 November 2014, Jam 8.58 WIB.

Agus, Irianto. (2014). Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangan (Edisi Kedua). Jakarta: Penerbit Kencana Prenadamedia Group.

Leny & P. Tommy Y. S. Suyasa. (2006). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Diakses pada 3 November 2014, Jam 08.58 WIB.

Martin Luther King Jr. (1947). The Purpose Of Education. Diakses dari http://www.drmartinlutherkingjr.com/thepurposeofeducation.html. Pada 2 November 2014, Jam 10.36 WIB.

Meriam-Webster. (2014). Society. Diakses dari http://www.merriam-webster.com/dictionary/society. Pada 27 November 2014, Jam 18.43 WIB.

MG. Tamimi. (2010). Chapter II. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20930/4/Chapter%20II.pdf. Pada 28 November 2014, Jam 14.56 WIB.

Yusuf, Nugroho, A. (2013). Profesionalisme Guru (Analisis UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen). Diakses dari http://www.tintaguru.com/2013/05/profesionalisme-guru-analisis-uu-no-14.html. Pada tanggal 19 September 2014, Jam 09.45 WIB.

Oxford University Press. (2014). Definition of empathy in English. Diakses dari http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/empathy. Pada 24 November 2014, Jam 10.12 WIB.

Presiden Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi. Diakses dari http://lkbh.uny.ac.id/sites/lkbh.uny.ac.id/files/PP_NO_60_1999ttgpendidikantinggi.pdf. Pada 9 Desember 2014, Jam 11.43 WIB.

Puriningtyas, Jenjit. (2014). Membangun Hubungan Kerjasama. Diakses dari http://jenjitpuriningtias.wordpress.com/2014/02/01/membangun-hubungan-kerjasama/. Pada 25 November 2014, Jam 15.19 WIB.

Rhenhanaworld. (2014). Fase-Fase Perkembangan Manusia. Diakses dari http://rhenniyhanasj.wordpress.com/2014/05/25/fase-faseperkembangan-manusia. Pada 23 November 2014, Jam 16.56 WIB.

Ripai. (2013). Rumus: Mengkategorikan Variabel Penelitian. Diakses dari https://ripaimat.wordpress.com/2013/05/03/sdi13mi-atau-sdi-16skor-max-ideal-skor-min-ideal. Pada 17 Oktober 2015, Jam 13.59 WIB.

Rory. (2013). Rumus: Modus Data Berkelompok. Diakses dari http://www.rumusstatistik.com/2013/08/modus-data-berkelompok.html. Pada 6 Maret 2015, Jam 00.40 WIB.

Fadli, Rozaq. (2012). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif Di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/10165/. Pada 3 November 2014, Jam 11.35 WIB.

Slurppsss. (2010). Definisi Para Ahli Tentang Organisasi Beserta Bentuknya. Diakses dari http://slurppsss.wordpress.com/2010/10/03/definisi-para-ahli-tentang-organisasi-beserta-bentuknya. Pada 26 November 2014, Jam 03.30 WIB.

Akhmad, Sudrajat. (2009). Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. Diakses dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2009/01/16/peraturan-pemerintah-no-74-tahun-2008-tentang-guru/. Pada 19 September 2014, Jam 09.33 WIB.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suparman, A. Manap, & M. Yamin. (2014). Profil Kompetensi Sosial Mahasiswa Calon Guru Universitas Negeri Yogyakarta. Bahan Seminar Penelitian Unggulan UNY. Yogyakarta: FT UNY.

Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Tim TAS FT UNY. (2016). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.