Kajian Persiapan, Pelaksanaan dan Monitoring Evaluasi Praktik Kerja Lapangan Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari

Fajar Wahyu Styawan, Drs. Darmono, M.T. Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kategori persiapan dan pelaksanaan PKL yang dilakukan oleh siswa pada program keahlian teknik bangunan di SMKN 2 Wonosari (2) mendeskripsikan kategori persiapan,  pelaksanaan, dan monitoring evaluasi pelaksanaan PKL yang dilakukan oleh guru pembimbing pada program keahlian teknik bangunan di SMKN 2 Wonosari (3) mendeskripsikan kategori pelaksanaan dan monitoring evaluasi pelaksanaan PKL yang dilakukan oleh pembimbing industri pada program keahlian teknik bangunan di SMKN 2 Wonosari.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian adalah kajian persiapan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi sebagai variabel tunggal. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Bangunan yang berjumlah 44 responden, guru pembimbing yang berjumlah 12 responden, dan pembimbing industri yang berjumlah 11 responden. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan PKL siswa pada kategori sangat baik sebesar 32,2%, kategori baik sebesar 57,5%, dan pada kategori cukup sebesar 10,3% (2) pelaksanaan PKL untuk guru pembimbing berada pada kategori sangat baik sebesar 74,8%, dan kategori baik sebesar 25,2% (3) pelaksanaan PKL untuk pembimbing industri berada pada kategori baik sebesar 81,8%, pada  kategori kurang baik sebesar 18,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKL kelas XII Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari pada gelombang pertama sudah terlaksana dengan baik.


References


Ade Mulyadi. (2014). Efektivitas Praktik Kerja Lapangan Sesuai dengan Tuntutan Dunia Kerja. Tugas Akhir Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad Muliati. (2005). Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda. Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda, Suatu Penelitian Evaluatif berdasarkan Stake’s Countenance Model Mengenai Program Pendidikan Sistem Ganda pada sebuah SMK di Sulawesi Selatan. Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ali Muhson. (2009). Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Diktat Universitas Negeri Yogyakarta.

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arcy, T. H. (2012). Pendidikan Kejuruan Menurut Soeharto (1998: 2). Diakses dari http://www.infodiknas.com/pendidikan-kejuruan.html. Pada tanggal 20 Agustus 2017, Jam 19.00 WIB.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan: Langkah-Langkah Pengembangan Silabus . Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.

Badan Pusat Statistik. (2013). Jumlah Perusahaan Industri Besar Sedang Menurut SubSektor. Diakses dari https://www.bps.go.id/index.php/ linkTabelStatis/1054. Pada tanggal 12 Juli 2017, Jam 17.00 WIB.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objective: The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green and Co.

Catur Suharyadi. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di Kota Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMK. (2008). Visi, Misi, dan Tujuan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMK. Jakarta: DPSMK.

Dwi Sapitri Iriani & Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22, No.3. Hlm. 276-278.

Gagne, R. M. (1984). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Gelbart, R. (1986). School-based Vocational Education and Industrial Schools: An International Review and a Detailed Comparison Within The State of Israel. Brandies University: Waltham.

Hamzah B Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Isaac, S., & Michael, W. B. (1981). Handbook in Research and Evaluation. California: Edits Publishers.

Jodenmot. (2012). Pendidikan Kejuruan Menurut Byram & Wenrich (1956: 50). https:// jodenmot.wordpress.com/2012/12/26/pengertian-

pendidikan-kejuruan/. Pada tanggal 22 Agustus 2017, Jam 10.00 WIB.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. (2008). Tuntutan, Menuntut, Dituntut, Permintaan Keras. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ki Hajar Dewantara. (2011). Pendidikan. Jakarta: PT.Gas Negara.

Kolb. (2007). Pentingnya Pembelajaran di Kelas. http:// hadisuwono. blogspot.com/2007/01/pentingnya-praktik-di-kelas-dan.html/. Pada tanggal 22 Agustus 2017, Jam 12.00 WIB.

Maria Dominika Niron. (2009). Pengembangan Silabus dan RPP dalam KTSP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik. (1990). Pendidikan Kejuruan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

. (2007). Pendidikan Kejuruan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Putut Hargiyarto. (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra dengan Kompetensi Keahlian pada Program Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.19, No.1. Hlm. 64-66.

Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pengembangan Nasional di Bidang Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 1989, No. 3390. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah No. 0490/U/1990 tentang: Tujuan Pendidikan Kejuruan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (1997). Peraturan Pemerintah No. 323/U/1997 tentang: Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah No. 29 tentang: Pengembangan Pendidikan Kejuruan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 4301. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2006). Peraturan Pemerintah No. 23 tentang: Standar Kompetensi Lulusan SMK. Jakarta: Sekretariat Negara.

Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sapto Prihatinto. (2009). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Tugas Akhir Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Siti Umi Khayatun Mardiyah. (2013). Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK N 1 Pengasih, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.3, No.3. Hlm. 323-324.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2003). Profesionalisme Manajemen Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Yogyakarta: Pidato Pengukuhan Guru Besar UNY.

. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suroyo Anwar. (2009). Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. (2016). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Tuatul Mahfud. (2016). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Jurusan Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan . Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.23, No.1. Hlm. 112-114.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

. (1999). Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Zhang, L., Sternberg, & Rayner, S. (2012). Handbook of Intellectual Styles: Preferences in Cognition, Learning, and Thinking. London: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.