Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash pada mata pelajaran mekanika teknik untuk siswa program keahlian teknik konstruksi batu beton kelas 10 semester 2 di smk negeri 1 seyegan

Aditya Eka Wikanto, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pebelajaran berbasis Adobe Flash dengan metode pengembangan yang efektif dan tepat untuk pembelajaran Mekanika Teknik pada siswa kelas 10 TKBB di SMK Negeri 1 Seyegan dan menghasilkan penilaian kualitas media yang baik untuk digunakan proses belajar mengajar Mekanika Teknik untuk kelas 10 TKBB di SMK Negeri 1 Seyegan bedasarkan validasi para ahli dan guru. Metode pada penelitian ini adalah metode R&D berbasis 4D (four-D), dengan tahapan utama, antara lain pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subyek penelitian yang digunakan adalah ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran mekanika teknik kelas X TKBB SMK Negeri 1 Seyegan. Hasil pengembangan diperoleh produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan penilaian dari beberapa ahli yaitu: (1) Ahli materi memberikan penilaian baik (78,59%). (2) Ahli media memberikan penilaian baik (79%). (3) Guru mata pelajaran memberikan nilai baik (97,50%).

References


Ahmad Lutfiyanta. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Dan Menggambar. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Arief S. Sadiman. et al. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Dede Cahyadi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Pokok Bahasan Wujud Zat Dan Perubahannya Kelas VII SMP N 5 Satu Atap Bumijawa. Skripsi S1. Semarang: Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Semarang

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Faqih Ma’arif. (2012). E-Learning Mekanika Teknik 01. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Frick, Heinz. (1978). Mekanika Teknik 1 Statika Dan Kegunaannya. Semarang: Kanisius.

Imam Mustholiq MS. et al. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Dasar Listrik Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. (Nomor 1 tahun 2007). Hlm. 15

Mayer, R E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. (Alih Bahasa: Ir. Baroto Tavip Indrojarwo, M.Si). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nana Sudjana. (2009). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rumampuk, Dientje Borman. (1988). Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sukanto. (2006). Dasar – Dasar Perhitungan Statika. Yogyakarta: Andi

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Sukoco. et al. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. (Nomor 2 tahun 2014). Hlm. 225

Sungkono. (2012). Evaluasi Media Pembelajaran. diakses tanggal Senin, ‎20 ‎Maret ‎2017, Jam 11.30 WIB dari Http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.html.

Suparman. (2004). Bahan Perkuliahan Mekanika Teknik 1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Thamrin Nasution. (2012). Modul Kuliah Statika. Medan: Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Medan

Thiagarajan, Sivasailam. Semmel, Dorothy S. dan Semmel Melvyn I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children.Minesota: Indiana University

Tri Cipto Tunggul Wardoyo. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di Smk Negeri 1 Purworejo. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. 2013

Wahyu Dwi Kurniawan dan Agung Prijo Budijono. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mekatronika berbasis Komputer Pokok Bahasan Programmable Logic Controller Berorientasi Pada Pembelajaran Langsung. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. (Nomor 3 tahun 2013). Hlm. 194 – 195

Weni Murfihenni. (2013). Mekanika Teknik 1 Semester 2 Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.