Evaluasi Kompetensi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan

Setiawan Dedy, Drs. Suyitno Drs. Suyitno Hadi Putro, S.T.,M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi praktik kerja industri yang mencakup: (1) keterampilan yang dicapai siswa setelah pelaksanaan praktik kerja industri, (2) sikap kerja yang dicapai siswa setelah pelaksanaan praktik kerja industri, (3) kelayakan hasil kerja siswa sebagai dokumen industri di dunia kerja.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan dengan jumlah 61 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup. Uji validitas instrumen dilakukan menggunakan pendapat para ahli yang berkompeten di bidang praktik kerja industri. Uji validitas butir instumen dilakukan menggunakan rumus korelasi product moment. Uji validitas butir dilakukan tetapi hanya sebatas sebagai kontrol. Uji reliabilitas instrumen dilakukan menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Sebelum data dianalisis, dilakukan satu uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul tanpa membuat kesimpulan untuk umum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan siswa selama praktik kerja industri termasuk dalam kategori tinggi. (2) sikap kerja siswa selama praktik kerja industri termasuk dalam kategori sangat tinggi. (3) hasil kerja siswa selama praktik kerja industri termasuk dalam kategori tinggi. Pengkategorian keterampilan, sikap kerja, dan hasil kerja siswa berdasarkan letak nilai mean terhadap data pada masing-masing komponen evaluasi.


References


Agung Gita Subakti. (2013). Pengaruh Motivasi, Kepuasan, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Cafe X Bogor. Jurnal Binus Business Review. Vol. 4, Hlm. 596-606.

Amos Noelaka. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anonim. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.

______. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

______. (2017). Materi Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 1 Seyegan. Yogyakarta: SMK Negeri 1 Seyegan.

Arikunto dan Safruddin. (2006). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyususnan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22, Hlm. 274-290.

E. Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muh Itsna Novan Muslimin. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Bidang Keahlian Teknik Mesin SMK N 2 Pengasih. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Muhibbin Syah. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kamajaya. (2009). Praktik Kerja Industri (Prakerin). Diakses darifile://E:Semester%206/Skripsi/MPP/bahan%20prakerin/PRAKTEK%KERJA% INDUSTRI%20(PRAKERIN).html. Pada tanggal 02 Juni 2016, jam 17.09 WIB.

Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Putut Hargiyarto. (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra Dengan Kompetensi Keahlian Pada Program Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 19, Hlm. 61-80.

Septian Sumarsono. (2015). Kompetensi Kejuruan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

______. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Tuatul Mahfud. (2016). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Jurusan Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 23 Hlm. 110-116.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.

Zainal Arifin. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Praradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.