Pengaruh Pengetahuan K3 Dan Penegakan Peraturan K3 Terhadap Kesadaran Berperilaku K3 Siswa Pada Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK N 1 Seyegan

Pratama Putra Arif Yudi, Ikhwanuddin, ST., M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh antara pengetahuan K3 siswa terhadap kesadaran berperilaku pada praktik batu di SMK Negeri 1 Seyegan, (2) Mengetahui pengaruh antara penegakan peraturan terhadap kesadaran berperilaku K3 siswa pada praktik batu di SMK Negeri 1 Seyegan, (3) Mengetahui pengaruh antara pegetahuan K3 dan penegakan peraturan K3 secara bersama-sama terhadap kesadaran berperilaku K3 siswa pada praktik batu di SMK Negeri 1 Seyegan.

Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan Pengetahuan K3 (X1) dan Penegakan Peraturan K3 (X2) sebagai variabel bebas serta Kesadaran Berperilaku K3 Siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan statik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan K3  dengan kesadaran berperilaku siswa kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan dengan sumbangan efektif sebesar 23,6%. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penegakan peraturan dengan kesadaran berperilaku siswa kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan dengan sumbangan efektif sebesar 41,7%, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan K3 dengan penegakan peraturan secara bersama-sama terhadap kesadaran berperilaku siswa kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan dengan sumbangan efektif sebesar 65,3%.

References


Adi W Gunawan. (2004). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Admin. (2013). Pengertian Tata Tertib. (http://www.psychologymania.com/201302/pengertian-tata-tertibsekolah.html, diakses 5 April 2017). Budiman (2011). Penelitian Kesehatan. PT Refika Aditama, Bandung Cecep Dani Sucipto (2014). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Gosyen Publishing, Yogyakarta. Chaidir Situmorang. (2003). Mengikuti Prosedur Menjaga Kesehatan dan Keselamatan kerja. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Daryanta dan Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Grava Media. Daryanto. (2010). Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel dan Perawatan Mesin. Bandung: Alfabeta. Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Euis Honiatri, Titin Astini, Endang Tri Murti, (2009), Menerapkan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja, dan Lingkungan Hidup. ARMICO, Bandung Hudi Hastowo. (2012). Pedoman Penilaian Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Standar Batan Bidang Administrasi, Manajemen dan Organisasi). Jakarta: BATAN ILO. (2012). Data angka Kecelakaan di Dunia tahun 2012. www.depkes.go.id di akses pada tanggal 26 Februari 2017 ILO. (2013). Data angka Kecelakaan di Dunia tahun 2013. www.depkes.go.id, diakses pada tanggal 26 Februari 2017 Khalsa. (2008). Pengajaran Disiplin dan Harga Diri. Jakarta: Indeks Muh Kharisma. (2012). Peranan Tata Tertib Sekolah. (http://kharismati.blogspot.com/2012/03/peranan-tata-tertib-sekolah.htm, diakses 03 Februari 2014). Lydia H Martono. (2012). Pengertian Peraturan. (http://www.lepank.com/2012/08/pengertian-peraturan-menurutbeberapa.html, diakses 03 Februari 2017). Moenir. (1993). Mengikuti Prosedur Menjaga Kesehatan dan Keselamatan kerja. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Nur Hidayat & Indah Wahyuni. (2016). Kajian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. 23(I). Hlm 52-66. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: Balai Pustaka. Rini F Jacinta. (2002). Konsep diri. (http://www.e-psikologi.com, diakses 23 April 2017). Rudi Suardi (2005), Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PPM, Jakarta Saifuddin Azwar. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Slameto. (1995) . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. _______ (2010) . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soedjatmoko (1984), Etika Pembebasan. LP3ES, Jakarta Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Sri Mulyani. (2004). Mengikuti Prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: SMK N 2 Jakarta. Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2015), Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung ________(2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. ________(2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. ________(2002). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta ________(2006). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfa Beta. Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Suma’mur, P.K. (1981). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: Gunung Agung. Sumarjo. (2009). Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Kooperatif Promosi-Degradasi pada Pembelajaran Praktik Kerja Batu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan.18(II). Hlm 212-234. Sutrisno dan Rusmawan Ruswandi. (2007). Prosedur Keamaanan, Keselamatan dan kesehatan Kerja. Jakarta: Yudistira. Universitas Negeri Yogyakarta. (2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta, UNY Press. Usman Rainse. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. V. Lilik Hariyanto. (2010). Implementasi Project Minerva Model (PMM) dalam Peningkatan Kompetensi Praktik Kerja Batu dan Beton Berbasis Contextual Teaching Learning. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. 19(II). Hlm 236-254. Wagiran (2013), Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish, Yogyakarta Widyastuti, Ria. (2012). Pengaruh Penguasaan Konsep Diri Terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Siswa Dalam Lingkungan Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Bandar Lampung: Universitas Lampung. W.J.S Poerwadarminta. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Yanti Ahmad. (2008). Pengenalan Konsep Diri. (http://bandono.web.id/forum/viewtopic.php?id=51, diakses 5 April 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.