PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA

Dyah Rini Setyowati, Trie Hartiti Retnowati

Sari


ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran  sosiodrama terhadap
kreativitas berkarya menggambar anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberi  treatment berupa pembelajaran
sosiodrama. Populasi penelitian keseluruhan siswa kelompok B di Taman Kanak-kanak Asih Sejati
Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penggumpulan data penelitian melalui lembar observasi
checklist ya dan tidak. Adapun metode dalam menganalisis data penelitian yaitu dengan uji Paired-
samples T test  dengan bantuan program SPSS  for Windows 20.0. Hasil penelitian berdasarkan uji
Paired-samples T test dapat diketahui bahwa nilai t sebesar -6.439 dengan nilai signifikasi 0,000 <
0,005. Berikut ini merupakan indikator yang mampu meningkatkan kreativitas berkarya menggambar
anak: (1) Indikator 1, garis sudah tidak coreng-coreng lagi. (2) Indikator 4, aspek warna belum ada
hubungan tertentu dengan objek. (3) Indikator 5, gambar bagan makin dapat dikenali. Berdasarkan uji
empiris sebelum dan sesudah diberi pembelajaran sosiodrama, pembelajaran sosiodrama
mempengaruhi kreativitas berkarya seni menggambar anak pada indikator 1, 4 dan 5. Setelah
dilakukan uji statistik dan uji empiris keduanya menunjukan hasil yang sama, dengan demikian
pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap kreativitas berkarya menggambar anak di kelompok
B Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.