PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ORNAMEN NUSANTARA BAGI KELAS VII SMP N 2 MUNTILAN

Shwarna Dyah Andartika

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Produk Media Visual Kartu Bergambar Ornamen Nusantara
yang berisi motif ornamen diantaranya Motif Mataram, Motif yogyakarta, Motif Surakarta, Motif Pajajaran, Motif
Cirebon, Motif Madura, Motif Jepara, Motif Pekalongan, Motif Majapahit, Motif Bali dan terdapat penjelasan bentuk
motif dimasing-masing  kartu.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development).
Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan produk, tahap
melakukan uji coba produk. Penelitian ini ditentukan dengan  purposive sampling  yaitu oleh 1 ahli materi, 1  ahli
media dan 32 peserta didik kelas VII SMP N 2 Muntilan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner
berisi indikator validasi aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek tampilan. Media pembelajaran yang
dikembangkan dinilai menggunakan skala likert skor 1-4 dan dinyatakan layak apabila prosentase kualitas produk di
atas 56%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) materi dalam media pembelajaran kartu bergambar mencakup
materi ornamen yang meliputi jenis motif, fungsi ornamen, motif flora dan  fauna, bentuk-bentuk ukiran pada motif,
dan 10 motif diantaranya Motif Mataram, Motif yogyakarta, Motif Surakarta, Motif Pajajaran, Motif Cirebon, Motif
Madura, Motif Jepara, Motif Pekalongan, Motif Majapahit, Motif Bali, (2) tahap pembuatan media pembelajaran
kartu bergambar melalui studi pendahuluan dan studi literatur diperoleh data bahwa peserta didik membutuhkan
media pembelajaran sebagai bahan referensi yang dapat digunakan secara klasikal maupun individual kemudian
melalui tahap pembuatan sketsa motif dan pewarnaan motif dan terakhir penyusun media menggunakan beberapa
software diantaranya Adobe Photoshop X6 dan Corel X5, (3) hasil akhir validasi ahli materi pada aspek pembelajaran
dinyatakan sangat layak digunakan dengan prosentase 100% dan aspek isi dinyatakan sangat layak digunakan dengan
proseentase 100% serta hasil validasi ahli media pada aspek tampilan dinyatakan sangat layak dengan prosentase
94,25% sementara hasil uji coba lapangan pada aspek pembelajaran dengan skor 91,13%, aspek isi dengan skor
91,53%, dan aspek tampilan 91,13% dinyatakan sangat layak, (4) hasil akhir produk media pembelajran kartu
bergambar dalam penelitian ini dikemas dengan box berukuran 10cm x 13,5cm.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.