STUDI KASUS LUKISAN DAMAR PENYANDANG TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Aditya Eko Prasetyo

Sari


Abstrak
 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gejala lukisan  Damar  penyandang  tunagrahita  sedang
berdasarkan  tinjauan psikologis; aspek penginderaan dan persepsi, memori, berpikir, intelegensi, serta emosi dan
motivasi. Jenis penelitian ini adalah  studi kasus dengan pendekatan  deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian
menunjukkan 1) masa peralihan antara prabagan dengan bagan karena terjadi stagnansi usia mental, 2) tema lukisan
adalah lingkungan sekitar berupa peristiwa dalam persepsi  dan kemampuan berimajinasi, 3)  tipe lukisan adalah
non-haptic dan willing type yang disebabkan oleh kemampuan intelegensi dalam memvisualisasikan bentuk, 4) x-
ray pada sebagian bentuk disebabkan oleh pengaruh persepsi terhadap bentuk yang dilukis, 5) warna dalam lukisan
tidak memiliki arti khusus, 7) ketidakmampuan menyebut nama warna disebabkan oleh kondisi ingatan yang lemah
7) gejala hadap kiri pada bentuk disebabkan oleh sistem kerja otak/intelegensi.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.