PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ARUNG JERAM DI MENDUT RAFTING

Ratna Frehatin Ningsih

Sari


ABSTRAK
 
Perancangan Media promosi arung jeram di Mendut  Rafting  bertujuan untuk:1. Membuat Konsep
Perancangan desain Mendut  Rafting  melalui media promosi cetak yang kreatif, inovatif dan komunikatif. 2.
Menghasilkan perancangan media promosi utama. Manfaat dari perancangan media promosi ini adalah untuk
menambah media promosi cetak Mendut Rafting kepada masyarakat umum. Proses perancangan melalui tahapan
pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunities, Threats), dan kesimpulan proses pembuatan media promosi
dalam hal kreativitas serta gagasan baru. Proses ini melalui 3 tahapan yaitu layout gagasan, layout kasar, dan layout
lengkap, yang dalam penggunaanya menggunakan metode pengerjaan secara manual (sketsa). Instrumen yang
digunakan dalam pembuatan karya tentunya berupa perangkat manual berupa pensil, sketchbook, drawing pen, dan
perangkat hardware dan software komputer dan kamera digital. Hasil dari perancangan media promosi ini berupa
Maskot dan Logotype, serta media promosi utama, media pendukung utama, dan media penunjang. Maskot
menggunakan ilustrasi hewan biawak yang di deformasi menjadi karakter kartun. Logotype Mendut Rafting terdiri
atas dua kata, yaitu Mendut dan Rafting. Mendut sendiri menggunakan huruf Freehand 521 BJ yang dideformasi
mengikuti bentuk gelombang air, dan Rafting yang menggunakan huruf Baloon BD BT yang dilengkungkan. Media
utama yaitu billboard karena memiliki efek memorable, bisa ditempatkan di tempat – tempat strategis, dan waktu
pajangnya lama. Media pendukung utama yaitu  sign system  dan Selebaran, serta media penunjang seperti Peta
Sungai, X-banner, Kartu Nama, Seragam Karyawan, Souvenir, dan Sertifikat.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.