INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA UNTUK MENUMBUHKAN RESPON

Amizela Eka Arfian

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon apresiatif oleh generasi milenial Z yang
terjadi di media sosial Instagram. Metode yang digunakan pada  penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah generasi milenial Z sebagai pengguna media sosial Instagram. Data penelitian
ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan metode
pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1)
Respon apresiatif generasi milenial Z terhadap karya konten kreator di media sosial Instagram terlihat pada
sebuah proses sadar yang dilakukan generasi milenial Z dalam menghadapi, memahami dan memaknai
sebuah konten karya seni di media sosial Instagram. (2) Dengan terjadinya fenomena media sosial Instagram
sebagai  art market mempengaruhi respon generasi milenial Z dalam menanggapi konten karya seni yang
dimuat dalam media sosial Instagram, tercermin dari cara menghadapi dan memahami karya seni,
membentuk pola berfikir dalam melihat nilai suatu karya seni dan mendapatkan pengalaman estetik.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.