MENGGAMBAR ORNAMEN DI LUAR RUANG DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPN 1 SEMANU

Isna Alfiyah

Sari


Abstrak  
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran di
luar ruang dengan pendekatan saintifik, dengan kemampuan menggambar ornamen siswa kelas VII SMP Negeri
1 Semanu. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa. Objek material penelitian ini adalah hasil karya gambar
ornamen, objek formal adalah respon perilaku siswa yang muncul saat pembelajaran di  luar ruang dengan
pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan mengenai perilaku positif siswa
saat proses pembelajaran (1) meningkatnya kemampuan siswa dalam menggambar motif ornamen (2) gambar
ornamen siswa bervariasi setelah  pelaksanaan pembelajaran luar ruang karena mendapat pengalaman belajar
lebih bermakna yang dialami secara langsung.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.