PENGGUNAAN GAMBAR SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERHITUNG UNTUK SISWA TK MUTIARA MANGGISAN, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Savitri Wukirasih Milandari

Sari


Abstrak
Penelitian deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan fungsi gambar sebagai media berhitung awal pada siswa
TK di TK Mutiara Manggisan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas Abdullah
Bin Umar sejumlah 10 siswa. Lokasi penelitian di TK Mutiara Banguntapan Bantul Yogyakarta. Objek material
penelitian adalah gambar yang digunakan siswa saat belajar berhitung, sedangkan objek formal dalam penelitian ini
adalah kemampuan menghitung siswa. sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi,
dokumentasi, dan wawancara. penyajian data dengan teks yang bersifat naratif, yaitu dengan mendeskripsikan
kemampuan berhitung siswa saat belajar berhitung menggunakan gambar sesuai pengamatan peneliti dan tujuan
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran gambar sebagai media berhitung awal siswa TK adalah
gambar mampu mengidentifikasi jumlah dari lambang bilangan, mengenalkan bilangan dan konsep berhitung
menjadi lebih jelas dan mudah dipahami siswa, serta meningkatkan konsentrasi belajar siswa.  Langkah-langkah
belajar berhitung menggunakan gambar yaitu: (1) mendengarkan arahan guru sekilas tentang pembelajaran yang
akan dilakukan. (2) Mengamati objek gambar yang terdapat pada soal. (3) Mengerjakan soal sesuai mereka sukai
terlebih dahulu.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.