PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOKMENGENAI TEKNIK JUMPUTAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PLOASAN 1 SLEMAN

Rizka Awalina

Sari


Abstrak  
Penelitian bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran scrapbook dan (2) mengetahui
kelayakan media scrapbook. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu
pada prosedur pengembangan Borg and Gall dalam sepuluh tahap pemgembangan. Namun dalam penelitian ini
hanya sampai tahap ke delapan yaitu: (1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi
desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan media pembelajaran scrapbook. Hasil validasi ahli materi mendapatkan
rerata 3,25, sehingga  masuk dalam kategori sangat baik dan layak. Hasil validasi ahli media mendapatkan rerata
3,33, sehingga  masuk dalam kategori sangat baik dan layak. Hasil validasi praktisi pembelajaran (guru)
mendapatkan rerata 3,33, sehingga masuk dalam kategori sangat baik dan layak dan (2) kelayakan media scrapbook
teknik jumputan yang telah dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran (guru) menunjukkan
bahwa media scrapbook teknik jumputan ini valid atau layak.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.