IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN

Maryani Maryani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan di Dinas Pendidikan
Kabupaten Pacitan beserta faktor pendukung dan penghambat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi
teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Haberman yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian: 1) Melalui komunikasi, informasi kebijakan pendidikan kesetaraan
ditransformasikan secara konsisten; b) Belum optimalnya sumber daya pendukung dalam implementasi
kebijakan; c) Disposisi pelaksana kebijakan dalam melaksanakan kebijakan pendidikan kesetaraan sangat
tinggi; d) Struktur birokrasi sesuai dengan yang ditetapkan. 2) Faktor pendukung: dukungan dari pemerintah,
banyaknya tutor yang kompeten, kurikulum yang adaktif, adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Faktor
penghambat, meliputi: informasi kebijakan belum dipahami secara jelas, kewenangan belum difungsikan
secara optimal, belum mencukupinya sumber daya anggaran, faktor ekonomi masyarakat, letak geografis
Kabupaten Pacitan, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, belum optimalnya
penyelenggaraan pendidikan kesetaraan, rendahnya intensitas kehadiran warga belajar, minimnya gaji yang
diterima oleh tutor, kurangnya buku petunjuk kurikulum, kurangnya sarana dan parasarana kegiatan
pembelajaran.
Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, kesetaraan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i4.9285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics