PERAN MODAL SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Destyanto Sumarno Putro

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pendidikan karakter di SMA Negeri 5 Yogyakarta,
2) mendeskripsikan modal sosial yang dimiliki sekolah, dan 3) mendeskripsikan peran modal sosial dalam
membentuk karakter anak di SMA N 5 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian ini mengenai modal sosial
dalam membentuk karakter anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan
kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendidikan karakter yang ada di SMA Negeri 5 Yogyakarta
terintegrasi dengan mata pelajaran, pembiasaan atau kultur, dan program sekolah. Pengembangan moral
knowing diintegrasikan melalui mata pelajaran dan program sekolah. Pengembangan moral feeling
diintegrasikan melalui program-program yang ada di sekolah, dan pengembangan moral action
diintegrasikan melalui program sekolah dan pembiasaan atau kultur yang ada di sekolah. Modal sosial di
SMA Negeri 5 Yogyakarta terdiri dari kepercayaan, nilai dan norma, jaringan sosial, kerjasama, partisipasi,
dan kebersamaan. Keempat bentuk modal sosial yang dimiliki masing-masing dimanfaatkan dalam
pembentukan karakter anak dan menjalankan program sekolah.
Kata kunci: modal sosial, karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i4.9275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics