KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS ALAM DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Dian Eka Nidyawati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi pendidikan berbasis alam di
Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendiri,
Kepala PKBM, Kepala Pendidikan Tingkat Dasar (SD), fasilitator Pendidikan Dasar, dan peserta didik
Pendidikan Tingkat Dasar Sanggar Anak Alam (SALAM). Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan
Hubberman yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menyimpulkan, (1) Pendidikan berbasis alam yaitu proses belajar manusia secara
kodrat dan alamiah melalui kehidupan dan lingkungan alam sekitarnya; (2) Tujuan dari pendidikan berbasis
alam yaitu agar anak menjadi dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing
disesuaikan dengan capaian setiap kelas; (3) Karakteristik peserta didik yaitu anak bebas mengembangkan
minat dan potensinya masing-masing, anak-anak tidak dipaksa oleh para orang tuanya sehingga anak-anak
dengan senang hati belajar di Sanggar Anak Alam (SALAM); (4) Karakteristik pendidik yaitu bertanggung
jawab terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis alam dengan memfasilitasi seluruh kebutuhan peserta didik
dalam pembelajaran dan ada keinginan untuk belajar bersama-sama dengan anak maupun fasilitator yang lain;
(5) Kurikulum yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan berbasis alam adalah kurikulum
berbasis minat masing-masing peserta didik melalui daur belajar; (6) Metode pembelajaran yang digunakan
yaitu menggunakan metode riset yang temanya ditentukan oleh peserta didik mulai dari perencanaan sampai
dengan persentasi; (7) Media yang digunakan peserta didik berbeda-beda dan disiapkan bersama orang tuanya
sesuai dengan kebutuhan serta tema masing-masing peserta didik; (8) evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan
berbasis alam dilakukan dengan review oleh fasilitator serta dalam proses pembelajaran melalui tahap-tahap
daur belajar.
Kata kunci: Konsep pendidikan, Pendidikan berbasis alam, Sanggar Anak Alam (SALAM)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i4.9257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics