IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUKMAN AL HAKIM INTERNASIONAL

Ranti Wulandari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan kebijakan gerakan literasi sekolah di SDIT LHI. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dilakukan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian (1). Program yang menunjang
kebijakan gerakan literasi di SDIT LHI: Reading Group, Morning Motivation, Mini library, Pengadaan
perpustakaan dan kegiatan yang menunjang. (2). implementasi didukung komunikasi agen pelaksana melalui rapat
elemen sekolah. Sumber daya didukung adanya potensi guru, dana dari orangtua, sekolah, dan pemerintah serta
sponsor. komitmen para agen pelaksana, serta struktur birokrasi dari pihak sekolah; (3). Faktor pendukung
tersedianya sarana untuk mensosialisasikan kebijakan, hibah buku dari orangtua, waktu dan dana, guru mempunyai
semangat belajar, terdapat mahasiswa PPL yang membantu, semua warga sekolah terlibat aktif. Faktor penghambat
nya buku yang kaya akan nilai serta gambar-gambar menarik sulit didapatkan di Indonesia, terkadang surat edaran
untuk orangtua tidak sampai, perlu adanya pengembangan program agar tidak monoton, belum adanya evaluasi dari
berbagai program.

Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Gerakan Literasi Sekolah, SDIT LHI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i3.9256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics