KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU PADA SEKOLAH REGROUPING DI SD N UNGARAN 1 YOGYAKARTA

Nur Laila Maharani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses formulasi kebijakan pengembangan budaya
mutu yang pernah dilakukan oleh SD N Ungaran 1 Yogyakarta pasca regrouping. Pendekatan penelitian
ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah SD N Ungaran 1 Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah proses formulasi kebijakan dilakukan oleh Kepala Sekolah,
guru, pegawai, Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam 4 tahap yaitu
merumuskan masalah, agenda kebijakan, alternatif kebijakan, dan penetapan kebijakan dengan membuat
Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang pengembangan budaya mutu sekolah, yaitu menyediakan
fasilitas sekolah yang memadai, melaksanakan pendidikan lingkungan hidup, meningkatkan partisipasi
orang tua, menciptakan pembelajaran berbasis budaya lokal (jogja), meningkatkan potensi non akademik
siswa, menciptakan suasana kerja yang kondusif, menciptakan keakraban siswa dan warga sekolah, serta
meningkatkan kompetensi guru dan pegawai.

Kata Kunci: kebijakan sekolah, formulasi kebijakan, budaya mutu, sekolah regrouping


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i3.9253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics