IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Afif Badawi Trisanta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis di SMA Negeri 6 Yogyakarta yang meliputi Visi dan Misi, Kurikulum yang digunakan, proses pembelajaran, program, evaluasi, dan faktor pendukung serta faktor penghambat proses pembelajaran, program dan evaluasi pendidikan humanis di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Obyek penelitian adalah SMA Negeri 6 Yogyakarta yang mana penelitian difokuskan pada proses pembelajaran humanis yang diterapkan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif Miles dan Hubberman (Reduksi; Penyajian data; Penarikan kesimpulan).

Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Triangulasi. Pelaksanaan pendidikan humanis di SMA N 6 Yogyakarta menekankan pada cara mengajar dan bagaimana menerapkan tata aturan yang harus ditaati oleh segenap peserta pembelajaran. Pendidikan humanis yang didalamnya selalu mengutamakan kepentingan manusia sebagai seseorang yang senantiasa harus mendapatkan segala haknya sebagai manusia yang merdeka. Hak yang dimaksud adalah hak utuk dihargai sebagai manusia yang mempunyai potensi, hak untuk dihormati, hak untuk diperlakukan sebagai manusia yang merdeka. Selain peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran juga dinstruksikan menerapkan konsep maupun pembelajaran yang humanistik yang mampu memberikan pengertian pada siswa bagaimana dalam bersikap dan dalam interaksinya dengan sesama manusia.

Kata kunci: Implementasi Pendidikan Humanis, SMA Negeri 6 Yogyakarta


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i3.9248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics