INDIKATOR MUTU SEKOLAH MENURUT PERSPEKTIF ORANGTUA SISWA DI SMP NEGERI 2 BANTUL

Leni Novita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan indikator mutu sekolah menurut Dinas Pendidikan dan menurut orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Bantul. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dari teori Sugiyono yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulsi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mutu sekolah berdasarkan dinas pendidikan sekolah dikatakan bermutu jika standar Nasional Pendidikan (SNP) (2) Indikator Mutu sekolah SMP N 2 Bantul dengan terpenuhinya standar 8 SNP serta sekolah mempunyai program kegiatan yang di unggulkan. (3) Indikator Mutu sekolah menurut orang tua siswa SMP N 2 Bantul dapat dilihat dari a) akreditasi sekolah, b) lulusan yang di terima di sekolah terbaik, c) mempunyai guru yang berkompetensi serta kinerja baik, d) prestasi hasil UN serta rata-rata UN, e) prestasi dalam berkompetisi baik dalam akademik maupun non akademik, dan f) berkarakter baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i2.8838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics