KULTUR SEKOLAH DI KAWASAN BERISIKO (STUDI PADA SMP NEGERI 3 YOGYAKARTA)

Putri Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur di SMP Negeri 3 Yogyakarta yang berada di
kawasan berisiko. Penelitian ini mengkaji kultur sekolah dari segi artefak, tindakan, dan gagasan dari warga
sekolah mengenai kultur yang berkembang. Setting penelitian berada di SMP Negeri 3 Yogyakarta
yang berada di kawasan berisiko. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari
penelitian ini: Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru BK, guru mata pelajaran, dan siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian
yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Keabsahan data
yang digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data berupa reduksi data, penyajian
data, verifikasi/penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur sekolah yang
berkembang di SMP Negeri 3 Yogyakarta perlu pengembangan, sosialisasi agar semua guru memahami
kultur sekolah dan dapat meminimalisir kultur negatif yang ada. Kultur sekolah yang perlu dikembangkan
lagi adalah: 1) Artefak yang ada seperti kelengkapan fasilitas kelas seperti LCD, papan tulis, bendera dalam
kelas, washtafel, taman sekolah, slogan, kursi terlihat bersih, namun beberapa perlu perawatan dan
pengawasan agar tidak ada tangan jahil untuk mencoret/merusak fasilitas yang ada di sekolah, 2)
Tindakan/perilaku berkembang pada warga sekolah yang terkelompok dalam nilai, peraturan dan aktivitas
seperti kebersihan, nilai budaya, nilai kekeluargaan, nilai kedisiplinan, nilai keindahan, kerapian yang masih
membutuhkan pendampingan supaya kultur positif dapat dikembangkan secara maksimal dan menghapus
kultur negatif di sekolah, 3) Gagasan dari warga sekolah mengenai kultur di SMP Negeri 3 Yogyakarta
adalah sekolah di kawasan wisata dekat dengan hotel yang berada di jantung kota, kurang mendukung
untuk dunia pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i2.8834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics