IMPLEMENTASI PROGRAM LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI PENDUKUNG KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 1 SEWON

Andriani Tri Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses perencanaan program lesson study berbasis sekolah di SMP N 1 Sewon; (2) Implementasi program lesson study berbasis sekolah di SMP N 1 Sewon; dan  (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP N 1 Sewon selama bulan Februari-Mei 2016. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, koordinator program, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan dengan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan program lesson study dilakukan oleh warga sekolah secara mandiri; (2) Implementasi program lesson study dimulai dengan tahap plan, yaitu merencanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kemudian dilanjutkan dengan tahap do, yaitu menerapkan rancanagan pembelajaran yang secara langsung diamati oleh kepala sekolah dan guru serumpun. Hasil observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi pada tahap see, yaitu mendiskusikan bagaimana aktivitas belajar siswa bukan pada bagaimana guru model dalam mengajar; dan (3) Faktor pendukung implementasi program LSBS di SMP N 1 Sewon, antara lain: kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak yang berpartisipasi, anggaran dana, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta komitmen dari semua pihak yang berpartisipasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh masing-masing guru.

Kata kunci: Lesson Study Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics