POTRET LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK) PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DENGAN DUNIA KERJA DI SMK NEGERI 1 NGAWI

Desy Ria Ningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) daya serap dan tingkat relevansi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan SMK khususnya program keahlian Akuntansi dengan dunia kerjanya, 2) bagaimana strategi yang dimiliki oleh pihak sekolah guna menjaga dan meningkatkan daya serap dan relevansi lulusan, dan 3) faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi di SMK Negeri 1 Ngawi. Subjek dari penelitian ini adalah beberapa Wakil Kepala Sekolah, pengelola BKK, pihak jurusan Akuntansi dan Guru BK SMK Negeri 1 Ngawi. Objek dari penelitian ini adalah data penelusuran lulusan SMK Negeri 1 Ngawi dari tahun 2011-2015 dan data penunjang lainnya. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan penelitian di atas, penelitian ini    menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa daya serap lulusan SMK Negeri 1 Ngawi program keahlian akuntansi cukup tinggi yaitu berada di angka 69,90% per tahun, sedangkan tingkat relevansi program keahlian akuntansi berada pada angka 27,12% jika dibandingkan dengan jumlah lulusan yang bekerja, atau 19,19% jika dibandingkan dengan lulusan secara keseluruhan. Strategi yang digunakan sekolah antara lain pengembangan kultur yang mendukung, pelaksanaan praktek kerja Industri Prakerin, Kunjungan Industri, Bimbingan karir, BKK, Teaching Factory, dan LSP. Faktor pendukung relevansi lulusan dengan dunia kerjanya antara lain, 1 adanya sarana dan prasarana yang mendukung, 2) tenaga pendidik yang berkualitas, 3 adanya BKK, dan lain sebagainya. Faktor penghambatnya adalah terbatasnya lapangan pekerjaan dan banyaknya pesaing untuk memperoleh pekerjaan.
Kata Kunci : Lulusan SMK, Program Keahlian Akuntansi, Dunia kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics