IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL)DI SMK NEGERI 1 TRUCUK KLATEN

Athfin Risqi Syafiq

Abstract


Penelitian yang berjudul Implementasi Kebijakan Pendidikan Kecakapan Hidup Di SMK Negeri 1 Trucuk, dilatar belakangi karena permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang digunkan di SMK Negeri 1 Trucuk dalam pelaksanakan pendidikan kecakapan hidup. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup serta sejauh mana peran SMK Negeri 1 Trucuk dalam mengembangkan pendidikan kecakapan hidup.
Penelitian ini menggunkan jenis penelitian dengan pendekatan diskriptif yang bersifat eksploratif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang diambil sempelnya. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data Deskriptif dengan langkah-langkah berupa reduksi data, kategorisasi data, dan sintesisasi data.
Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi pendidikan kecakpan hidup di SMK Negeri 1 Trucuk, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) kebijakan sekolah terhadap pendidikan life skil dipergunakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional Indonseia. Maka dari itu, sekolahan menerapkan pendidikan life skil. 2) Usaha yang dilakukan sekolah dalam upaya menerapkan pendidikan kecakapan  hidup  di SMK Negeri  1  Trucuk adalah dengan  menyesuaikan kurikulum yang digunakan dengan pendidikan kecakapan hidup. Penyesuian yang dilakuakn adalah dengan menerapkan ”life skill educations”. 3) Dukungan yang diberikan sekolah bersifat pengembangan dari kurikulum yang ada.

Kata kunci: pendidikan life skill, implementasi, kebijakan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics