MAKNA PENDIDIKAN ANAK BAGI MASYARAKAT PETANI DI DESA MUNGGU KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN

Nurul Salma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna pendidikan anak bagi masyarakat petani di Desa Munggu Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Pada penelitian ini berfokuskan pada (1) makna pendidikan anak bagi masyarakat petani dan (2) peranan orang tua dalam pendidikan
 anak.
      Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, Petani Sejati, Petani Buruh, Ibu Rumah Tangga, Anak Usia Sekolah yang masih menempuh pendidikan dan Anak Usia Sekolah yang sudah tidak menempuh pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
      Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) masyarakat petani di Desa Munggu memaknai pendidikan secara umum adalah sesuatu yang penting dan wajib dilakukan. Masyarakat petani di Desa
     Munggu memaknai pendidikan anak sebagai hal yang pentinge pol (artinya pendidikan untuk anak sebagai sesuatu yang sangat penting). Pendidikan yang wajib ditempuh anak-anak masyarakat petani di Desa Munggu adalah pendidikan formal dan pendidikan agama. Pondok Pesantren dijadikan sebagai pendidikan alternatif pilihan masyarakat petani di Desa Munggu ketika orang tua sudah tidak mampu memberikan pendidikan formal yang lebih tinggi kepada anak-anak mereka.
2) orang tua memiliki peranan yang penting dalam pendidikan anak di Desa Munggu. Peranan orang tua dalam pendidikan anak berupa dorongan moral, pembentuk kepribadian, dan fasilitator.

Kata Kunci: pendidikan anak, masyarakat petani, orang tua


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics