IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN KONSULTASI BELAJAR SISWA (KBS) ONLINE DIKOTA YOGYAKARTA

Asa Muharroroh

Abstract


Program layanan konsultasi belajar siswa online belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program layanan KBS Online SMP dan SMA di kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program layanan KBS Online SMP dan SMA ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, implementasi program layanan konsultasi belajar siswa online SMP dan SMA di kota Yogyakarta dapat diamati dalam level Dinas Pendidikan melalui aspek program itu sendiri, organisasi pelaksana, pemanfaat program, dan pada level sekolah diamati melalui aspek respon, efektivitas, mata pelajaran, jenis kelamin pemanfaat, dan kondisi pemanfaat.
Kata kunci: Implementasi, Program, Belajar Online

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i3.5221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics