PENDIDIKAN SADAR WISATA UNTUK MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA AIR TERJUN SRI GETUK DESA BLEBERAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Arshad Reza Restyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan sadar wisata di masyarakat sekitar obyek wisata Air terjun Sri Getuk dan interaksi setiap komponen pendidikan sadar wisata itu sendiri dan beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam  pendidikan sadar wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  jenis deskrptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala bagian pembangunan desa Bleberan, ketua Pokdarwis desa Bleberan, pengelola obyek wisata, masyarakat dan humas dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul dengan setting penelitian di desa Bleberan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dari Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penellitian ini menunjukan : 1). Pendidikan sadar wisata untuk masyarakat sekitar obyek wisata Air terjun Sri Getuk bertujuan sebagai proses pembentukan kesadaran masyarakat dalam mengelola obyek wisata berlandaskan nilai sapta pesona dan lebih sadar tentang potensi dan peluang dari kegiatan pariwisata. 2). Komponen pendidikan sadar wisata yaitu : pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, metode pendidikan, sarana pendidikan, lingkungan pendidikan dan isi pendidikan. 3). Faktor pendukung dalam pendidikan sadar wisata adalah partisipasi dan dukungan dari masyarakat dan pihak swasta. 4). Faktor penghambat dalam pendidikan sadar wisata ialah kualitas sumber daya masyarakat dan kecemburuan sosial.
Kata kunci : pendidikan sadar wisata, komponen pendidikan, masyarakat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i3.5216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics