STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI SMAN 9 YOGYAKARTA

Alvira Pranata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter berbasis budaya di SMAN 9 Yogyakarta. Pada penelitian ini berfokuskan pada (1) program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya (2) strategi pendidikan karakter di sekolah dan (3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Objek dari penelitian ini adalah strategi pendidikan karakter berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah dengan cara (1) program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya dengan (a) program sekolah berbasis seni dan budaya, (b) budaya sekolah, (c) pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran dan (d)program pengembangan diri di sekolah (2) Strategi pendidikan karakter di sekolah mengacu pada strategi keteladanan (modelling), pengajaran (teaching), penguatan (reinforcing), dan pembiasaan (habituating) yang diimplementasikan di dalam strategi program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya. (3) Faktor pendukung pendidikan karakter berbasis budaya yaitu kebijakan sekolah, lingkungan yang mendukung, sarana prasarana dan komite sekolah, sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter di sekolah yaitu ketidaksiapan pelaksanaan program, partisipasi warga sekolah dan lahan sekolah yang kurang luas.

Kata Kunci : sekolah berbasis budaya, strategi,  pendidikan karakter


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i3.5213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics